KANAL24, Jakarta – Pada Semester I-2020, PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) mencatatkan nilai penjualan bersih sebesar Rp21,77 triliun atau bertumbuh 1,5 persen dibanding periode yang sama setahun sebelumnya.
Laporan perolehan nilai penjualan yang disampaikan melalui keterbukaan informasi UNVR itu dipublikasi oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) di Jakarta, Jumat (24/7). Jumlah penjualan UNVR tersebut merupakan angka indikatif yang diumumkan perseroan.
Manajemen Unilever menyampaikan, pertumbuhan penjualan selama enam bulan pertama di 2020 ini didorong oleh pertumbuhan penjualan domestik sebesar 1,6 persen (Kuartal II-2020 tercatat -1,2 persen). “Kuartal kedua merupakan periode yang penuh tantangan, terutama untuk unit Unilever Foods Solution (UFS) yang konsumennya adalah hotel, restoran dan cafe (Horeca)”.
Penjualan domestik ritel tanpa UFS menunjukkan performa pertumbuhan positif, yakni sebesar 2,4 persen untuk Semester I-2020 dan Kuartal II-2020 sebesar 0,4 persen. Laporan Keuangan Interim UNVR di Semester I-2020 (unaudited) akan dipublikasikan pada 30 Juli 2020.
“Di tengah kondisi yang penuh tantangan dan perubahan, saat ini perseroan fokus pada tiga hal, yaitu melindungi kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan karyawan, memastikan keberlangsungan bisnis dan pemenuhan kebutuhan produk untuk membantu konsumen menghadapi keseharian di masa yang penuh tantangan ini,” kata Direktur Keuangan UNVR, Arif Hudaya di Tangerang, Kamis (23/7/2020).
Arif menambahkan, fokus perseroan yang ketiga adalah, ikut berperan serta dalam memberikan kontribusi kepada masyarakat terkait upaya mengatasi persoalan di tengah kondisi pandemi Covid-19.(sdk)