Kanal24, Malang – Public Relations (PR) atau Hubungan Masyarakat (Humas) menjadi salah satu upaya perusahaan, lembaga, atau kelompok untuk memelihara hubungan yang positif dan saling menguntungkan dengan berbagai pemangku kepentingan seperti media, karyawan, pelanggan, dan masyarakat luas. Malang Raya memiliki organisasi profesional yang berada di bidang Humas, yaitu Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (PERHUMAS) Muda Malang Raya.
Elisya Karina Apriyanti yang menjabat sebagai Koordinator divisi Hubungan Masyarakat menjelaskan bahwa PERHUMAS Muda Malang Raya merupakan organisasi yang berdiri sejak tahun 2009. Organisasi ini telah menjadi pijakan bagi para mahasiswa yang ingin terjun ke dunia hubungan masyarakat di wilayah Malang Raya.
“PERHUMAS Muda Malang Raya hadir untuk memenuhi kebutuhan jejaring sosial dan praktik kehumasan yang relevan bagi mahasiswa yang mempunyai ketertarikan dan komitmen bagi dunia kehumasan di Malang Raya,” ungkap Elisya.
Dengan visi menjadi organisasi yang profesional dan terpercaya dalam manajemen sumber daya manusia serta pemanfaatan sumber daya manusia yang maksimal, PERHUMAS Muda Malang Raya berkomitmen untuk memfasilitasi praktik kehumasan yang relevan, kreatif, dan inovatif.
Dengan keanggotaan aktif mencapai 43 orang, organisasi ini aktif terlibat dalam kegiatan sehari-hari, mulai dari manajemen media sosial hingga pembuatan konten menarik untuk instagram. Setiap Jumat, konten edukasi kehumasan rutin diunggah sebagai bagian dari upaya mereka untuk terus memberikan nilai tambah kepada masyarakat.
Kalender tahunan diisi dengan berbagai kegiatan nasional seperti PEMUDA (Pertemuan Humas Muda Indonesia) dan KHI (Konvensi Humas Indonesia), serta kegiatan internal seperti penerimaan anggota baru yang diisi dengan laporan pertanggungjawaban, pemilihan umum, serah terima jabatan, serangkaian open recruitment, welcoming party, diklat, dan pelantikan anggota baru.
“Yang bisa masuk ke organisasi kita, seluruh mahasiswa atau mahasiswi yang ada di Malang Raya dari berbagai latar belakang jurusan, bukan hanya dari bidang komunikasi atau public relations saja,” ujar Elisya.
Salah satu ciri khas PERHUMAS Muda Malang Raya adalah pendekatannya yang inklusif, mengajak mahasiswa dari berbagai latar belakang jurusan. Kolaborasi dengan pihak eksternal melibatkan kegiatan studi dan kunjungan ke perusahaan, serta menjadi mitra media untuk organisasi eksternal, yang baru-baru ini terlaksana dengan sukses, menegaskan komitmen mereka terhadap kerja sama yang bermakna.
Bagi yang berminat bergabung, informasi mengenai open recruitment akan diumumkan melalui akun Instagram PERHUMAS Muda Malang Raya (@perhumasmudamlg). Proses pendaftaran melibatkan langkah-langkah seperti mengikuti, menyukai, dan membagikan poster Open Recruitment di Instagram story, mengisi formulir pendaftaran, serta menyertakan CV dan portofolio khusus untuk Divisi DMP.
Meskipun tidak memiliki basecamp fisik, keberadaan PERHUMAS Muda Malang Raya terasa kuat melalui keberadaan mereka di berbagai platform media sosial, termasuk Instagram, Twitter, Spotify (PRodcast), TikTok, dan LinkedIn.
“Saat ini, PERHUMAS Indonesia regional Malang Raya, beranggotakan para Praktisi, Akademisi, dan Profesional Public Relations dari berbagai perusahaan di Malang Raya. Serta, mahasiswa dari seluruh kampus yang ada di Malang Raya,” ujar Elisya.
Sebagai bagian dari Badan Pengurus Cabang Perhumas Indonesia regional Malang Raya, PERHUMAS Muda Malang Raya mengusung tagline: “Initiative, sensible, always by your side. Be a good PR, Be a Good Person. Indonesia Bicara Baik.”
Manfaat bergabung dengan komunitas ini tidak hanya mencakup pengetahuan teori dan praktik kehumasan, tetapi juga keterampilan dalam praktik kehumasan yang relevan, kreatif, dan inovatif. Anggota mendapatkan keahlian dalam menggunakan media digital untuk menyampaikan pesan strategis kepada publik yang tepat, keterampilan membangun dan memelihara hubungan dengan publik secara luas, serta akses ke jejaring sosial yang melibatkan berbagai bidang di luar Hubungan Masyarakat.
Secara keseluruhan, PERHUMAS Muda Malang Raya menjadi bukti nyata dari komitmen anggotanya terhadap keunggulan dalam bidang hubungan masyarakat dan dampak sosial, mencerminkan semangat “Indonesia Bicara Baik” – Indonesia berbicara dengan baik. (nid)