Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

Puluhan Mobil Hemat Energi Jajal Simpang Ijen

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Hiburan
0
0
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

KANAL24, Malang – Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2019 telah memasuki babak race. Sampai dengan hari ketiga kemarin (26/9/2019) sekitar 20 mobil urban dari total 35 mobil yang sudah menjajal sirkuit JSI (Jakarta Simpang Ijen). Tim kanal24 menemui koordinator tim teknis KMHE 2019, Fuad Indra Kusuma untuk mendapatkan beberapa penjelasan seputar race. 

Fuad menjelaskan, setiap harinya dibuka dua shift race. Untuk shift pagi, dimulai dari pukul 07.00-12.00 WIB yang di bagi kembali untuk 2 kelas yakni kelas proto dan urban. Hal yang sama juga berlaku di shift siang yakni mulai dari jam 13.00-17.30 WIB. 

“Mobil yang bisa ikut race, adalah mobil yang berhasil antri pertama sampai nanti last race ditutup. Jadi, kalau waktunya sudah habis, harus balik. Sistemnya siapa cepat antri dan siap mobilnya yang akan langsung race,” tambahnya.

Fuad melanjutkan, terkadang mobil peserta tidak siap karena masalah teknis yang belum terselesaikan. Seperti, lupa mengencangkan baut jadi saat jalan, lepas cakramnya. Padahal kesiapan tersebut untuk safety driver dan mobilnya juga. Setiap jenis mobil, harus menempuh 10 laps. Untuk kelas proto waktu yang ditempuh maksimal 25 menit, sedangkan kelas urban maksimal 27 menit.

sampai hari ketiga 20 mobil sudah mencoba lintasan dari 35 mobil peserta (mega kanal24)

“Jadi kita ada beberapa pos, mulai dari pengecekan dimensi, pos pengetahuan driver terkait dengan race sampai mekanisme kerja mobilnya itu kita tes semua. Safety juga termasuk. Total ada 10 pos, mobil yang lolos, baru dinyatakan bisa ikut antrian race,” paparnya.

Fuad juga memberikan pesan kepada tim untuk mempersiapkan mobil dari segi kinerja engine harus prima. Kemudian, untuk safety karena saat lolos pengecekan rem, akan dites lagi. Karena, pada saat peralihan dari pengecekan skrup ke pedok terdapat antrian yang memungkinkan peserta “nakal” seperti rem dimodifikasi lagi supaya mengurangi gaya gesek.

Hal tersebut terbukti, beberapa tim tidak lolos pada uji bidang miring. Padahal kalau dia lolos skrup harusnya lolos juga di uji bidang miring. Kalau tidak lolos berarti ada sesuatu yang bermasalah. Lebih lanjut, driver harus paham terlebih dahulu tentang race. Driver harus bisa beradaptasi dengan tracknya karena berhubungan dengan kapan driver harus akselerasi untuk mendapatkan efisiensi konsumsi bahan bakar, serta safety pada saat dia melewati tikungan. 

Perbedaan dari KMHE 2018 dan 2019 ini, menurut Fuad yang pertama terletak pada track. 
“Kalau di Padang banyak tikungan kalau di Malang hanya ada 2 tikungan tapi bentuknya U turn (putar balik). Kedua, temperature kondisi lingkungannya, kalau di Padang panas, sedangkan disini suhu lebih rendah yang otomatis berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar,” pungkas Fuad.

Peserta KKMHE tahun ini, “berperang” di segi desain. Peserta mencari bobot yang paling ringan supaya tidak menyebabkan banyak energi terserap. Hal yang lain adalah modifikasi dari segi desain bentuk dan aerodinamisnya supaya lebih lancar untuk melaju.  (meg)

Post Views: 198
Previous Post

ANTARA SPIRITUALITAS KHIDIR DAN RASIONALITAS MUSA

Next Post

Pemerintah Ajak Investor Serbu Investasi Jalan Tol

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Pemerintah Ajak Investor Serbu Investasi Jalan Tol

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
UB Bawa Inisiatif K3, Tekan Resiko Cedera dalam Atraksi Bantengan

UB Bawa Inisiatif K3, Tekan Resiko Cedera dalam Atraksi Bantengan

June 30, 2025
Kolaborasi UB-Wollongong Angkat Isu Hukum AI

Kolaborasi UB-Wollongong Angkat Isu Hukum AI

June 30, 2025
Rencana Pemajakan E-Commerce: Solusi atau Beban Baru bagi Pedagang Online?

Rencana Pemajakan E-Commerce: Solusi atau Beban Baru bagi Pedagang Online?

June 30, 2025
Ciri-Ciri dan Waktu untuk Ganti Filter Oli Mobil

Ciri-Ciri dan Waktu untuk Ganti Filter Oli Mobil

June 29, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023