Dinas Kehutanan Jatim Luncurkan Aplikasi Alas Beta

KANAL24 -2021-10-06, 12:00:00 WIB 62 kali

Peluncuran aplikasi Alas Beta (screenshot zoom)

KANAL24, Surabaya - Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur meluncurkan  inovasi pelayanan publik yaitu Aplikasi Alas Beta, penerapan teknologi informasi berbasis android ini merupakan terobosan untuk mempercepat pelayanan perbenihan tanaman hutan untuk sertifikasi sumber benih, mutu benih dan mutu bibit di Jawa Timur dan wilayah lain di Indonesia.

Aplikasi Alas Beta yang dibesut oleh Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perbenihan Tanaman Hutan (PTH) Dinas Kehutanan. Prov.Jatim ini, secara resmi diluncurkan Selasa (05/10/2021), seremonial acara juga diadakan secara virtual bekerja sama Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan.

Kepala Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur, Ir Jumadi, M.MT mengatakan, terobosan pelayanan publik untuk sertifikasi perbenihan tanaman hutan dari sumber benih, benih dan bibit ini mempercepat akses dan proses sertifikasi selain memberikan kemudahan, murah, cepat dan transparan bisa dipertanggungjawabkan, sebagai mana menjadi tuntutan masyarakat bagi pelayanan publik yang diselenggarakan oleh pemerintah. "Aplikasi Alas Beta ini juga menjadi Kado Hari Jadi Provinsi Jatim, dengan inovasi pelayanan ini, memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan sertifikasi perbenihan tanaman hutan dari sumber benih, mutu benih dan mutu bibit dapat dilakukan secara cepat dan mudah, murah serta transparan, sertifikat juga bisa dicetak sendiri" papar Kadishut. Jatim.

Dijelaskannya, dalam peresmian inovasi pelayanan ini juga bersama dilakukan dengan Dinas Kehutanan Provinsi Kalimantan Selatan, sebagai tindak lanjut kerja sama pengembangan perbenihan tanaman hutan diantara Provinsi Jawa Timur dan Kalimantan Selatan yang ditandatangani oleh Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dengan Gubernur Kalimantan Selatan, Sahbirin Noor.  

Bagi Kalimantan Selatan sendiri sangat membutuhkan penyediaan perbenihan tanaman hutan untuk mendukung program rehabilitasi hutan dan lahan akibat pembukaan hutan untuk industri, sedangkan bagi Jawa Timur bisa mendapatkan perbenihan tanaman hutan yang berkualitas dari keragaman hutan dari kedua provinsi.

Sementara itu, Kepala UPT. PTH. Dinas Kehutanan Prov.Jatim, IR. Basunando, M.M, mengatakan, aplikasi online Alas Beta memberikan manfaat untuk mempermudah akses bagi masyarakat dan meningkatkan efisiensi dalam pelayanan sertifikasi perbenihan tanaman hutan, meningkatkan kinerja dan menciptakan budaya kerja yang tertib dan patuh aturan, meningkatkan minat ijin usaha di bidang perbenihan tanaman hutan dan meningkatkan perekonomian masyarakat melalui penciptaan lapangan kerja.(sdk)

kanal24.co.id dinas kehutanan jatim aplikasi alas beta
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 35641 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2020-02-27 27904 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-07-04 26283 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2019-06-29 21946 kali

20 Istilah Basket Yang Perlu Diketahui

KANAL24 - 2019-08-14 19483 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka