Keindahan Gunung Penanggungan, Replika Gunung Semeru!

KANAL24 -2019-04-26, 12:00:00 WIB 1595 kali

Pendaki berfoto bersama di puncak gunung Penanggungan

KANAL24, Malang - Untuk orang-orang yang mempunyai hobi Hiking/mendaki Gunung, belum afdol rasanya jika belum menaklukan puncak Gunung Penanggungan yang berada di perbatasan dua kabupaten, yaitu Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Pasuruan dan berjarak kurang lebih 55 km sebelah selatan kota Surabaya.

Jika sudah terbiasa mendaki, mungkin track menuju puncak gunung penanggungan ini tidak sebanding dengan gunung lainnya, tetapi bagi pemula merupakan tugas yang sangat besar. Karena bentuknya yang kerucut membuat track menjadi sedikit sulit di taklukan karena dari pos 3 menuju puncak dipenuhi dengan bebatuan dan sangat curam. Inilah mengapa banyak yang menyebutkan bahwa gunung penanggungan merupakan replika dari Gunung tertinggi di pulau Jawa yaitu Gunung Semeru/Mahameru karena keadaan yang persis saat berada di pasir dan bebatuan menuju puncak gunung Mahameru.

Estimasi biaya perjalanan jika berangkat dari Kota Malang menggunakan motor dan melewati jalur trawas sekitar Rp. 40.000 saja. Itu sudah termasuk tiket masuk dan parkir motor selama 2 hari pendakian. 
Sebenarnya untuk mencapai puncak gunung penanggungan terdapat 3 jalur pendakian. Jalur pendakian Wonosuryo yang berada di Kecamatan Gempol, jalur pendakian Jolotundo yang berada di Kecamatan Ngoro, dan jalur pendakian Tamiajeng yang berada di kecamatan Trawas. 

Nah, dari ketiga jalur tersebut yang sangat ramai di lalui pendaki adalah jalur Trawas karena medannya sudah sedikit memadai dan jaraknya cukup dekat dengan puncak gunung penanggungan.
Terdapat 4 pos yang harus dilalui menuju puncak bayangan yaitu tempat beristirahat saat malam hari dan tempat meletakan tenda serta barang-barang yang dibawa selama perjalanan. Setelah itu untuk yang mengejar sunrise bisa menuju puncak gunung penanggungan saat sebelum subuh.

Perkiraan waktu perjalanan untuk pemula sekitar 3-4 jam menuju puncak bayangan. Di puncak bayangan nantinya akan terlihat keindahan lampu-lampu kehidupan yang berada di bawah puncak bayangan. Dan membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam dari puncak bayangan menuju puncak gunung penanggungan, Dari ketinggian 1653 mdpl akan terlihat keindahan alam yang luar biasa dan terlihat puncak gunung Mahameru, Arjuno dan beberapa gunung lainnya.

Eits, tapi jangan lupa membawa persediaan air minum yang cukup ya, karena belum adanya mata air disepanjang perjalanan gunung penanggungan.
Bagaimana? Apakah kalian penakluk gunung mulai tertarik untuk menaklukan gunung penanggungan ini? (khe)

kanal24.co.id Wisata Alam Gunung Penanggungan Wisata Jawa Timur
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 30272 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2019-07-04 23770 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2020-02-27 22906 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-08-14 16954 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka