KANAL24, Malang – Perkembangan dunia televisi di era digital saat ini mengalami disrupsi dengan berbagai media komunikasi lain. Baik media televisi maupun media cetak saat ini mengalami stagnasi bahkan menurun dari sisi rating maupun oplah.
Hal tersebut diungkapkan oleh Presiden Direktur Metro TV Don Bosco Selamun pada diskusi dari UB Medcom Group, sabtu (22/5/2021).
“Saat ini oplah media cetak terus menurun, begitu juga dengan rating dan share televisi saat ini juga mengalami stagnasi. Sulit mencapai seperti era tahun 90 an,” kata Don Bosco.
Namun menurut alumni FH UB ini ada yang menarik yaitu konten televisi atau media akan tetap hidup dan berkembang.
“Konten saat ini tetap hidup dan bahkan menjadi strong brand yang menjadi borderless, globalize,” lanjutnya.
Untuk menghadapi kondisi tersebut maka Don Bosco menyarankan agar tim pengelola media televisi atau media saat ini harus menjaga kreatifitas dengan membuat program yang dibutuhkan, diingat dan diinginkan oleh pemirsa.
Kontent yang kuat menurut jurnalis senior ini memerlukan tiga syarat. Pertama, konten harus berbeda dan spesial ditengah beragam konten yang ada.
Kedua, konten yang dihasilkan harus memiliki kelas tersendiri atau level tersendiri sesuai dengan segmen yang dibidik.
“Syarat ketiga yang diperlukan adalah konten yang connected dan memiliki rasa dengan penonton. Konten yang jikapemirsa melihat bisa berkata, ini aku banget atau ini sesuai dengan kami,” pungkasnya.(sdk)