Satria Turonggo Jati Lestarikan Budaya saat Pandemi

KANAL24 -2021-09-06, 12:15:00 WIB 89 kali

Pentas seni Satria Turonggo Jati (yordan newspoint)

KANAL24, Malang – Pandemi covid19 yang belum berakhir tidak menyurutkan semangat seniman di Kota Malang untuk terus berkarya dan pentas dengan menyesuaikan kondisi saat pandemi. Terbatasnya ruang kesenian selama masa pandemi membuat para seniman di Kota Malang mensiasatinya dengan kondisi yang ada.

Salah satunya dengan pementasan dari kelompok jaranan Satrio Turonggo Jati dari Kelurahan Rampal Celaket Kota malang yang mengadakan pertunjukan terbatas pada hari minggu (5/9/2021).

“Pentas pada hari ini tetap mengacu pada protokol kesehatan dan terbatas. Tujuan dari pentas ini agar kesenian khususnya jaranan dari Satria Turonggo Jati tetap eksis dan dikenal oleh generasi muda,” kata Nanang Ketua Satria Turonggo Jati.

Seni Jaranan Satria Turonggo Jati (yordan newspoint)

Nanang menambahkan kegiatan pentas ini selain sebagai agenda rutin juga dalam rangka memperingati hari ulang tahun Satrio Turonggo Jati ke 9 dan Pokdarwis Turonggo jati yang kedua. Kelompok seni yang dpimpinnya ini juga memiliki seni yang beragam tidak hanya jaranan namun ada tari tradisional dan juga karawitan.

Pada masa pandemi ini Nanang berharap ada bantuan dalam bentuk program promosi dari pemerintah agar seni budaya lokal dapat terus bertahan dan berkembang. Dirinya mengakui selama masa pandemi kegiatan seni budaya sangat sedikit bahkan dapat dikatakan kosong sehingga pelaku seni budaya kesulitan dalam mengembangkan karyanya.

“Kami seniman tidak hanya Satria Turonggo Jati namun juga yang lainnya berharap ada dukungan promosi dari Pemkot agar kami dapat terus bertahan dan berkembang pada saat ini,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama Kabid Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Malang, Dian Kuntari, S.STP. M.Si. mendukung apa yang telah dilakukan oleh para pegiat seni dan budaya Kota Malang.

“Pentas hari ini merupakan salah satu bukti dari Pemkot untuk mendukung terus kegiatan seni budaya tentu dengan menerapkan protokol kesehatan yang ada dan menyesuaikan dengan situasi yang ada,” kata Dian.

Menurutnya dalam waktu dekat atau ahir tahun Pemerintah Kota Malang akan memberikan apresiasi kepada para pelaku dan pegiat seni budaya di Kota Malang sebagai bentuk dukungan lebih lanjut untuk mempertahankan seni budaya lokal di bumi arema ini. (sdk)

kanal24.co.id satria turonggo jati seniman jaranan seni kota malang
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 34924 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2020-02-27 25802 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-07-04 25571 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2019-06-29 19786 kali

20 Istilah Basket Yang Perlu Diketahui

KANAL24 - 2019-08-14 18800 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka