Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

Survey PIDK : Publik Masih Kurang Puas Dengan Layanan UB

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Pendidikan
0
6
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

KANAL.24 Malang- Pelayanan publik di Universitas Brawijaya masih perlu dibenahi. Berdasarkan analisis hasil survei kepuasan masyarakat (SKM)  yang dilakukan PIDK (Pusat Data dan Kersipan) Universitas Brawijaya, menunjukan bahwa pelayanan publik universitas Brawijaya baik dari unit kerja maupun akademik menunjukkan kategori kurang baik (C).  

Hasil wawancara kanal24.co.id dengan ketua PIDK Zulfaidah Penata Gama, S.Si., M.Si., Ph.D, selasa (7/1/2020). Penyebab kurangnya kepuasan pelayanan adalah etika dalam pelayanan, waktu pelayanan yang masih lambat, persyaratan pelayanan yang kurang detail, dan petugas pelayanan yang terkadang tidak ada ditempat. Hal ini juga ditambah dengan sistem birokrasi lama yang sudah mengakar dan sulit untuk dirubah. Ada beberapa indikasi penyebab lain yang memengaruhi rendahnya nilai kepuasan yaitu kurangnya responden yang mengisi kuesioner dan kualitas pelayanannya yang memang masih rendah.

Total Responden yang mengisi kuisioner adalah 1861, dengan rincian dosen UB sebanyak 409, karyawan UB 292, mahasiswa UB 1019, dan pihak luar sebanyak 141 orang. Fakultas yang paling banyak berpartisipasi mengisi kuisioner pada survey ini adalah Fakultas Kedokteran dengan jumlah 255 responden. Sedangkan, untuk unit kerja adalah UPKK (Unit Pengembangan Karir dan Kewirausahaan) dengan 74 responden. 

Penilaian kepuasan pelayanan publik  sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi  Birokrasi (PERMENPAN) Nomor 17 TAHUN 2017 Tentang Pedoman Penilaian Kinerja Unit Penyelenggara Pelayanan Publik, dalam peraturan tersebut terdapat sebelas kriteria yang menjadi penilaian, yaitu kesesuaian persyaratan pelayanan, kemudahan prosedur pelayanan, kecepatan pelayanan, ketepatan waktu pelaksanaan, kesesuaian antara biaya dan pelayanan, kemampuan petugas, sikap petugas selaku memberikan pelayanan,  petugas memberikan pelayanan seusai SOP, bagaimana penanganan pengaduan. 

Berdasarkan beberapa kriteria diatas, setelah dirata-rata hasil indeks kepuasan masyarakat (IKM) menunjukan nilai yang masuk kategori kurang baik (C) dengan nilai interval 3,02. Hasil ini masih sama dari tahun sebelumnya. 

“Kurangnya kepuasan pelayanan akan berdampak pada akreditasi perguruan tinggi yang akan dilakukan 3 tahun lagi. Universitas harus segera memperbaiki pelayanan publik sebelum akreditasi perguruan tinggi tersebut. Ini tentu menjadi PR besar yang harus segera ditindak lanjuti baik dari pimpinan maupun seluruh pegawai birokrasi Universitas Brawijaya demi mewujudkan tujuan pemerintah agar semua birokrasi menjadi sederhana dan memberikan pelayanan publik yang memuaskan,” tegasnya. (fib)

Post Views: 232
Previous Post

TNI AL Kibarkan Kembali Merah Putih di Suar Karang Unarang

Next Post

Menteri Sri Bantah Inflasi 2019 Rendah Karena Penurunan Daya Beli

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Menteri Sri Bantah Inflasi 2019 Rendah Karena Penurunan Daya Beli

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
FKH UB Gelar AJIVE 2025, Bahas Inovasi Kedokteran Hewan

FKH UB Gelar AJIVE 2025, Bahas Inovasi Kedokteran Hewan

May 22, 2025
Eksposur Dunia Industri, FT UB Hadirkan Ahli FPSO

Eksposur Dunia Industri, FT UB Hadirkan Ahli FPSO

May 22, 2025
Dokter Hewan FKH Bahas Membaca Penyakit Lewat Darah Hewan

Dokter Hewan FKH Bahas Membaca Penyakit Lewat Darah Hewan

May 22, 2025
Malang Autism Center Hadirkan Harapan Baru Anak Autis

Malang Autism Center Hadirkan Harapan Baru Anak Autis

May 22, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023