KANAL24, Malang – Pesta Belanja 11.11 yang digelar oleh Alibaba Group mendapat sambutan yang luar biasa. Menurut rilis dari Alibaba Dalam 1 menit 8 detik sejak 11.11 dimulai, total Gross Merchandise Volume (GMV) dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai USD 1,0 miliar (RMB 7,0 miliar). Dalam satu jam pertama, GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay mencapai USD12 miliar (RMB 84 miliar)
Dalam dua jam pertama, total GMV dari transaksi yang dibayarkan dengan Alipay adalah USD18,32 miliar (RMB128,15 miliar). Pencapaian GMV tersebut telah melampaui catatan GMV 11.11. tahun 2015 (RMB 91,2 miliar) dan 2016 (RMB 120,7 miliar)
Pada momen puncak, total pesanan pada festival belanja 11.11 mencapai 544.000 pesanan/detik – yaitu 1.360 kali lipat lebih banyak dari jumlah pesanan pada festival belanja 11.11 yang pertama kali diadakan tahun 2009.
Terlepas dari fenomena belanja yang jumbo tersebut, ada kebanggaan tersendiri karena ada tiga brand asal Indonesia yang masuk dalam festival tersebut. Tiga produk itu adalah Wafer Tango besutan Group Orang Tua (OT) yang tercatat ditransaksikan penjualan wafer Tango rasa cokelat pada satu jam pertama mencapai 4985 transaksi. Satu transaksi terdiri sepaket tiga kotak Tango, dengan harga RMB 39,9 dan untuk rasa vanila sebanyak 1869 transaksi.
Indofood dengan produk mie sejuta ummat juga banyak dicari dalam festival 11.11. Mi instan Indomie varian mi goreng, mencatatkan penjualan 7990. Indomie rasa mi goreng ini di jual 19,9 RMB per paket berisi 8 bungkus mi instan, dari harga normal RMB 25,8 per paket.
Produk dari Mayora (MYOR) juga hadir melalui Kopiko juga mencatatkan penjualan di hari jomblo 11.11 tahun ini. Setidaknya ada penjualan sebanyak 856 kali. Per paket Kopiko berisi 48 sachet, minuman kopi dijual seharga RMB 17,5 dari harga normal RMB 59,0.
Diharapkan tahun mendatang akan semakin banyak produk Indonesia yang bia menikmati kue dari Festival belanja daring ini. (sdk)