Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

Tren Baru Gen Z, Liburan Bukan Sekadar Destinasi

Einid Shandy by Einid Shandy
September 6, 2025
in Gaya Hidup
0
Tren Baru Gen Z, Liburan Bukan Sekadar Destinasi

Tren Baru Gen Z, Liburan Bukan Sekadar Destinasi

3
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Kanal24, Malang – Generasi Z (Gen Z) semakin menegaskan diri sebagai salah satu kelompok usia yang mendominasi tren pariwisata dunia, termasuk di Indonesia. Berbeda dengan generasi sebelumnya, Gen Z memiliki cara tersendiri dalam menikmati liburan. Mereka cenderung mengutamakan pengalaman personal dan autentik dibanding sekadar mengunjungi destinasi wisata populer.

Co-Founder sekaligus Chief Marketing Officer tiket.com, Gaery Undarsa, menyebut Gen Z kini telah menjadi salah satu pendorong besar sektor pariwisata. “Gen Z itu sudah masuk ke timing, di mana mereka sekarang menjadi salah satu pendorong pariwisata yang cukup besar. Kalau millennial masih paling besar, tapi Gen Z sekarang mulai menunjukkan pengaruh signifikan,” ujarnya dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (18/2/2025).

Baca juga:
Pentas Wayang Kulit di Bunulrejo, Meriahkan Budaya dan Kemerdekaan

Liburan Sebagai Kebutuhan Primer

Bagi Gen Z, perjalanan kini bukan lagi kebutuhan sekunder. Banyak dari mereka yang menempatkan traveling sebagai kebutuhan primer, sejajar dengan kebutuhan pokok lainnya. Hal ini menandai pergeseran budaya besar dalam cara generasi muda memandang liburan.“Gen Z itu malah lucunya pariwisata atau traveling menjadi kebutuhan primer mereka. Tidak harus jauh, yang penting ada healing, ada gateway, atau sekadar staycation,” jelas Gaery. 

Menurutnya, hal ini kontras dengan generasi sebelumnya yang cenderung lebih fokus memenuhi kebutuhan material terlebih dahulu sebelum memikirkan liburan. Gen Z lebih fleksibel dalam mendefinisikan perjalanan. Bagi mereka, perjalanan singkat di dalam kota, staycation di hotel, atau sekadar mengunjungi alam sekitar pun sudah cukup asalkan memberi kualitas pengalaman yang bermakna.

Menghindari Destinasi Ikonik

Gaya liburan Gen Z juga tergolong unik. Mereka cenderung menghindari destinasi wisata ikonik yang ramai dikunjungi turis. Jika generasi sebelumnya menganggap landmark terkenal sebagai tujuan wajib, Gen Z justru lebih suka mencari pengalaman lokal yang lebih otentik.Gaery mencontohkan, ketika berlibur ke Tokyo, Gen Z lebih memilih menjelajahi budaya Jepang secara langsung dibanding hanya berfoto di Tokyo Tower. 

“Mereka itu memang benar-benar mencari tempat yang unik dan enggak biasa. Bahasa kerennya local immersion,” ucapnya.Tren ini juga melahirkan istilah populer seperti hidden gem untuk menggambarkan destinasi wisata yang jarang diketahui orang. Gen Z lebih bangga mengunjungi tempat semacam ini dibanding lokasi mainstream. Dari tren inilah kemudian lahir istilah coolcation, yaitu gaya liburan ke tempat dengan suhu sejuk, suasana alami, dan jauh dari keramaian turis.

Pariwisata Ramah Lingkungan

Selain mengejar pengalaman lokal, Gen Z juga sangat peduli pada isu keberlanjutan atau sustainability. Mereka cenderung memilih destinasi yang ramah lingkungan atau menerapkan prinsip berkelanjutan. “Hal-hal terkait sustainability itu cukup memicu mereka sampai ke travel. Menurut mereka, traveling dengan sustainability itu keren. Jadi otomatis destinasi ramah lingkungan makin populer,” tutur Gaery.

Tren ini sejalan dengan meningkatnya kesadaran global terhadap isu perubahan iklim. Banyak resort, hotel, dan destinasi wisata kini mulai mengadopsi konsep ramah lingkungan demi menarik wisatawan muda, terutama Gen Z yang punya pengaruh besar di media sosial.

Antusiasme Wisata Domestik

Data Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat jumlah perjalanan wisatawan nusantara di 2024 mencapai 1,02 miliar. Angka ini menunjukkan tingginya minat masyarakat terhadap perjalanan, khususnya wisata domestik. Tiket.com pun mencatat peningkatan signifikan, terutama pada akhir tahun 2024 hingga awal 2025.

“Menariknya sampai Januari dan bahkan sampai sekarang, antusiasme masih tinggi. Banyak tanggal merah dan cuti bersama di semester pertama tahun ini, sehingga masyarakat punya lebih banyak kesempatan untuk berlibur,” tambah Gaery.

Baca juga:
Krajan Lawas, Cara Tunggulwulung Rayakan Kemerdekaan

Online Tiket Week (OTW) Dongkrak Antusiasme

Program Online Tiket Week (OTW) yang dihadirkan tiket.com juga menjadi salah satu pendorong tingginya minat perjalanan. Menurut Maria Risa Puspitasari, SVP of Brand Marketing tiket.com, OTW menawarkan diskon hingga 50 persen, cashback hingga Rp3 juta, serta akses khusus bagi member premium di jam tertentu.Tidak hanya itu, setiap transaksi di tiket.com juga memberikan poin Blibli Tiket Rewards yang bisa ditabung dan digunakan untuk potongan biaya perjalanan berikutnya. 

Poin tersebut bahkan bisa ditukar dengan diskon menarik di ekosistem Blibli Tiket, termasuk di Blibli, Ranch Market, hingga Farmers Market. Dengan sistem ini, masyarakat, khususnya Gen Z, dapat merasakan pengalaman liburan yang lebih hemat namun tetap maksimal. Konsep ini sejalan dengan karakter Gen Z yang gemar mencari pengalaman unik dengan cara efisien. (ptr) 

Post Views: 30
Tags: Destinasi Wisatagen zKANAL24kanal24.co.idLiburanReferensirekomendasiWisata
Previous Post

Fakta Menarik Gen Z Lebih Suka Jajan daripada Masak

Einid Shandy

Einid Shandy

Reporter dan penulis Kanal24

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
oval layer

5 Gaya Rambut yang Tepat untuk Pipi Chubby agar Tampil Lebih Menarik

August 25, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
Tren Baru Gen Z, Liburan Bukan Sekadar Destinasi

Tren Baru Gen Z, Liburan Bukan Sekadar Destinasi

September 6, 2025
Fakta Menarik Gen Z Lebih Suka Jajan daripada Masak

Fakta Menarik Gen Z Lebih Suka Jajan daripada Masak

September 6, 2025
Share UB Dorong Mahasiswa Baru Jadi Problem Solver Handal

Share UB Dorong Mahasiswa Baru Jadi Problem Solver Handal

September 6, 2025
Multitasking: Antara Efisiensi atau Justru Bumerang bagi Otak

Multitasking: Antara Efisiensi atau Justru Bumerang bagi Otak

September 6, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Gaya Rambut yang Tepat untuk Pipi Chubby agar Tampil Lebih Menarik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023