Kanal24, Malang – Short Videos atau Video Pendek di platform Youtube semakin diminati masyarakat. Dengan latar belakang ini, Youtuber kembali berkolaborasi dengan StartHits hadirkan workshop “NgeShortsBareng” di 10 kota yang ada di Indonesia. Kota Medan menjadi kota pertama yang akan dikunjungi pada 24 Februari 2023 kerjasama bersama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).
Sebagai informasi, program ini di inisiasi untuk pertama kalinya pada tahun lalu di lima kota yang ada di Indonesia dan dihadiri oleh lebih dari 2000 kreator Indonesia.
“Melihat antusiasme dan minat para kreator yang begitu tinggi akan workshop #NgeShortsBareng, inisiatif ini kembali digelar tahun ini dan akan dihadirkan di 10 kota,” kata Head of Government Affairs and Public Policy di Youtube, Danny Ardianto melalui keterangan pers yang diterima di Jakarta.
Sepuluh kota untuk program #NgeShortsBareng akan dimulai dari Medan, Balikpapan, Sorong, Denpasar, Yogyakarta, Pekanbaru, Makassar, Malang, Manado, dan Mataram.
Melalui The Weekly Brief With Sandi Uno, Sandiaga Uno mengatakan bahwa Kemenparekraf tertarik dengan #NgeShortsBareng karena dari data internal yang ada, terdapat peningkatan jumlah omset dari para UMKM dan pelaku ekonomi kreatif melalui konten-konten yang dikemas dengan unik dan menarik.
Sebagai partner resmi, Kemenparekraf akan turut terlibat dalam hal berikut:
1. Membantu mempromosikan acara lewat jaringan sosial media milik Kemenparekraf, Bapak Menteri Sandiaga Uno, serta sosial media dinas pariwisata terkait selama acara berlangsung di tahun 2023.
2. Mengkoordinasikan dinas pariwisata lokal terkait dan sekitarnya untuk datang ke acara #NgeShortsBareng di setiap kota dimana acara berlangsung.
3. Memfasilitasi dan menyiapkan produk Bangga Buatan Indonesia di 10 lokasi #NgeShortsBareng untuk display di booth Ethnic #NgeShortsBareng di 2023.
4. Memfasilitasi para konten kreator untuk datang ke dalam acara event yang sudah disusun bersama seperti jumlah konten kreator penyusunan kota. Hal ini termasuk tiket masuk event, akomodasi, dan transportasi.
Lebih lagi, konten kreator Cheryl Antoinette mengatakan bahwa dari konten YouTube Shorts, dirinya bisa mendapatkan subscribers dan viewers yang signifikan. Terlebih konten yang disajikan olehnya adalah konten yang disukai oleh audiens.
“Audiens tuh juga suka belajar, tapi gimana kita mengemas belajar tuh dengan lebih menarik, apalagi dengan entertainment dan lucu-lucunya sedikit di dalam Shorts itu,” ungkap Cheryl.
“Menurut saya Shorts itu membuat kesempatan yang besar banget bagi kreator untuk berkembang lebih pesat lagi,” lanjut Cheryl.
Sebagai Direktur Tata Kelola Ekonomi Digital, Yuana Rochma menyampaikan bahwa #NgeShortsBareng tidak hanya dapat dimanfaatkan untuk pelaku UMKM melainkan juga kesempatan untuk bersinergi dengan Bangga Berwisata di Indonesia. Sebagai contoh event #NgeShortsBareng di Medan yang berbarengan dengan event F1 Powerboat di Danau Toba, serta #NgeShortsBareng di Mandalika mendatang yang akan berbarengan dengan event MotoGP.
Sandiaga Uno pun menyampaikan dukungan positifnya terhadap program #NgeShortsBareng.
“Kita harapkan menjadi tambah besar untuk para konten kreator dan bisa membantu produk UMKM dan destinasi-destinasi wisata kita. Karena ini ada di 10 kota, kita harapkan bisa mendorong pergerakan wisatawan nusantara ke 1,4 miliar dan juga kita harapkan penjualan produk ekonomi kreatif ekonomi yang akan tembus 1.300 triliun rupiah,” jelas Sandiaga.(nid)