Ini Profesi yang Laris Era 5.0

KANAL24 -2021-01-13, 12:00:00 WIB 121 kali

Ilustrasi (dikti)

KANAL24, Malang - Seluruh dunia, termasuk Indonesia sedang bersiap memasuki sebuah era baru, yaitu era society 5.0. Di era ini, nilai karakter harus dikembangkan, empati dan toleransi harus dipupuk seiring dengan perkembangan kompetensi yang berpikir kritis, inovatif, dan kreatif. 


Society 5.0 bertujuan untuk mengintegrasikan ruang maya dan ruang fisik, sehingga semua hal menjadi mudah dengan menggunakan Artificial Intelligence (AI) dalam penerapannya. Dengan demikian, prospek kerja pun menjadi semakin luas. 
Untuk mempersiapkan diri menghadapi era society 5.0, tak ada salahnya bila kamu mengetahui prospek kerja apa saja yang dibutuhkan pada era tersebut. 


Berikut ini lima prospek kerja bagi kamu generasi muda Indonesia yang telah tim kanal24.co.id rangkum dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.


Pertama, Web Developer. Untuk memasarkan produknya, mau tidak mau perusahaan harus memanfaatkan segala hal termasuk mencakup ranah digital untuk memperluas jangkauan pemasaran. Setiap perusahaan butuh alamat daring berupa website untuk lebih menjangkau konsumen. Sehingga, peran Web Developer di masa yang akan datang cukup penting sebagai pembuat aplikasi berbasis website dengan menggunakan bahasa pemograman. Untuk menjadi seorang Web Developer, kamu butuh mempelajari front-end, back-end developer, HTML, CSS.


Kedua, App. Developer. Setiap perusahaan yang bergerak diberbagai macam bidang, berlomba-lomba menciptakan aplikasi untuk menunjang kemudahan para konsumennya di masing-masing smartphone. Untuk menjadi seorang App Developer, kamu harus memiliki kemampuan algoritma dan logika pemrograman.


Ketiga, SEO (Search Engine Optimisation). SEO Specialist bertanggung jawab untuk selalu update terhadap perkembangan informasi mengenai algoritma Google yang terus menerus diperbaharui. Inilah alasan kenapa profesi SEO menjadi penting di era Society 5.0 terutama bagi perusahaan yang memanfaatkan kanal digital sebagai pemasaran mereka. Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengoptimalkan website sehingga mampu berada pada posisi teratas di halaman pertama Google. 


Keempat, Content Creator. Sebuah produk akan dikenal masyarakat jika dikemas dengan iklan yang dapat membuat orang penasaran dan tertarik dengan produk tersebut. Bagaimana membuat orang terpengaruh untuk membeli atau menggunakan produk, sehingga profesi ini cukup dibutuhkan pada era Society 5.0. Kamu perlu memiliki soft skill yaitu kreativitas dan inovasi untuk menciptakan konten yang menarik.


Terakhir, Social Media Specialist. Hampir setiap orang saat ini memiliki media sosial, itulah yang dimanfaatkan perusahaan sebagai promosi dan mendapatkan konsumen melalui media sosial. Tren iklan yang dulunya menggunakan media televisi, sekarang sudah bergeser melalui media sosial. Sebagai pemasaran atau branding satu produk, dibutuhkan Social Media Specialist yang bertanggung jawab atas konten dan menganalisa feedback dari warganet. (Meg)

kanal24.co.id Dirjen Dikti profesi era 5.0 era society
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 21607 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2019-07-04 18500 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2020-02-27 14679 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-08-14 13694 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka