Kampung Budaya, Cara Orda Wujudkan Bhineka Tunggal Ika

KANAL24 -2019-11-02, 09:00:00 WIB 203 kali

Orda Probolinggo salah satu peserta kampung budaya (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Hujan yang mengguyur kota malang pada Jumat sore kemarin tidak menyurutkan ratusan mahasiswa yang sudah berdandan dengan beragam kostum nusantara berkumpul di samping UB Guest House. Selain berdandan mereka juga ada yang melengkapi dengan properti lain seperti kereta kencana dan lainnya. 

Sore itu sebanyak 42 Forum daerah (Forda) kampus se Malang Raya berpartisipasi dalam Kampung Budaya. Sebuah event yang diselenggarakan oleh Eksekutif Mahasiswa (EM) UB. Acara tahunan ini terinisiasi karena keresahan dari Forda-Forda yang ada, mereka ingin ada satu event yang bisa mewadahi teman-teman Forda, dan akhirnya diadakanlah kampung budaya ini. 

Salah satu panitia divisi acara, Firmansyah Rasyid kepada kanal24 mengungkapkan bahwa di penyelenggaraan acara tahunan ini disambut antusias oleh berbagai Forda yang ada di Malang.

Mojokerto tidak ketinggalan berpartisipasi dalam kampung budaya (mega kanal24)

“Tahun ini, terjadi peningkatan partisipasi Forda. Kalau tahun lalu sebanyak 37 Forda yang ikut, sekarang bertambah menjadi 42 Forda. 42 Forda ini merepresentasikan 20 provinsi di Indonesia,” ungkap Firman.

Selain, acara kampung budaya, mahasiswa FIA itu juga menjelaskan bahwa akan digelar acara puncak yakni Omah Nusantara, Food Market Festival, dan pameran-pameran kebudayaan daerah. 

“Zaman sekarang, banyak orang-orang yang sudah lupa akan budayanya sendiri. Nah, kita mewadahi itu, di acara ini budaya dikemas dengan semodern mungkin,” tambahnya.  

6 kali acara ini terselenggara, Firman berharap kampung budaya tetap terus terselenggara dan semakin baik, serta Forda yang ikut juga semakin banyak. 

Pawai Kampung budaya, start di Gerbang Soehat UB kemudian berpawai mengelilingi kampus biru tersebut.(meg)

ub kanal24.co.id Kampungbudaya EM UB Organisasi Daerah