Marketing Motor Penggerak Perusahaan

KANAL24 -2021-09-18, 19:00:00 WIB 308 kali

Ilustrasi (blogspot)

Oleh: Sri Juminawati 

Dalam sebuah perusahaan memiliki beberapa aspek manajemen mulai dari keuangan, sumberdaya manusia hingga pemasaran atau marketing. 

Secara sederhana marketing adalah suatu sistem untuk melakukan kegiatan pemasaran secara keseluruhan mulai dari Perencanaan Produk (Prod. Plan), Penetapan Harga(Pricing), Promotion  hingga merancang Strategi Distribusi Produk untuk memuaskan para konsumen.

Sehingga dapat dikatakan  marketing adalah salah satu kegiatan yang paling penting dalam perusahaan. Marketing merupakan motor dari laju sebuah perusahaan.

Sebagai penggerak roda perusahaan untuk mendapatkan pemasukan dan mengelola pelanggan marketing memiliki dua  fungsi strategis yaitu fungsi promosi dan fungsi perantara. 

Fungsi Promosi atau mengenalkan produk dan jasa dapat dilakukan dengan menggunakan media yang tepat sesuaikan dengan segmentasi produk yang dipilih. 

Penggunaan media yang tepat mbuat promosi dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran sehingga dari sisi pembiayaan dapat dapat terkelola dengan baik.

Sebagai contoh jika produk yang kita promosikan adalah otomotif maka media promosi seperti media cetak, elektronik dan online yang memiliki segmen otomotif dapat dijadikan sarananya. Begitupula dengan influencer, youtuber atau tokoh yang bergelut di bidang otomotif dapat dijadikan endoser produk.

Selain promosi melalui media, dapat pula melalui event yang sesuai dengan produk. Dalam contoh seperti diatas maka event pameran otomotif, kegiatan komunitas otomotif dapat menjadi media pemasaran yang efektif.

Fungsi kedua sebagai perantara dari perusahaan kepada konsumen melalui marketer. Pelaku pemasaran atau disebut dengan marketer metusjan sosok penting yang menjadi jembatan komunikasi antara produk atau jasa dengan konsumen

Marketer merupakan wajah yang mewakili perusahaan dengan produk dan jasa yang dijual sehingga peran marketer selain menjadi perantara juga menjadi mediator dan personal branding dari produk yang dijual.

Pemasar melakukan kegiatan dari pengumpulan informasi, pengenalan produk hingga memilih event maupun komunitas yang sesuai dengan segmentasi produk perusahaan.

Dari sini kemudian tergambarkan dengan jelas tugas seorang marketer sebagai pihak yang berhubungan dengan konsumen dan mewakili wajah produk perusahaan, yakni :

1. Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.

2. Bertugas menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.

3. Bertugas untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.

4. Bertugas menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
Bertugas menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.

Dalam era persaingan yang makin ketat ini marketing juga memiliki peran untuk menjaga pelanggan agar memiliki kesetiaan terhadap produk yang kita promosikan. Untuk itu dalam marketing juga dikenal brand atau merek sebagai salah satu senjata dalam menjaga loyalitas pelanggan.

Maka dalam hal ini marketing memiliki peran :

1. Meningkatkan Kesadaran Brand
Sangat penting membuat orang mengenal brand Anda, produk atau layanan yang disediakan, selain itu juga membuat kesan bagi pelanggan dapat mulai mempercayai merek Anda, menjadi nasabah/pelanggan/klien setia, dan memperluas jaringan.

2. Meningkatkan Traffic
Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs Anda untuk mendapatkan lebih banyak prospek berkualitas dan yang berdampak  meningkatkan penjualan. 

3. Meningkatkan Omset
Untuk meningkatkan penjualan, omzet dan  membantu mencapai tujuan dengan melalui berbagai strategi seperti mengoptimalkan situs web dan SEO, Brand image,  membuat kampanye email, melakukan pengujian alternatif A sd Z untuk menentukan strategi terbaik. 

4. Membangun Kepercayaan pada Brand yang kita miliki

Dengan memahami peran dan fungsi marketing.

Penulis :pengajar di FE Ibnu Khaldun Bogor dan sedang menempuh S3 Perbankan Syariah di UIN Jakarta

kanal24.co.id Sri Juminawati FE Ibnu Khaldun Bogor peran marketing
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 36052 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2020-02-27 29525 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-07-04 26954 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2019-06-29 23196 kali

20 Istilah Basket Yang Perlu Diketahui

KANAL24 - 2019-08-14 20065 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka