Merahnya Tomat Yang Perlu Diketahui Untuk Kesehatan

KANAL24 -2019-08-02, 12:00:00 WIB 49 kali

Ilustrasi (Pixabay)

KANAL24, Malang - Manfaat tomat untuk kesehatan berhubungan dengan kekayaan nutrisi dan vitamin. Tomat mengandung antioksidan alami bernama likopen. Zat inilah yang membantu tubuh melawan radikal bebas penyebab kanker. Selain itu, antioksidan lain yang terdapat pada tomat yaitu polifenol, naringenin, dan chlorogenic acid.

Tomat memiliki kandungan rendah kalori dan lemak, namun kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin K, folat, karotenoid, lutein, gula dan kalium, serta sejumlah besar vitamin B6 dan tiamin.

Berikut ini beberapa manfaat tomat untuk kesehatan yang bisa Anda dapatkan, antara lain adalah

1. Mengatasi peradangan

Manfaat tomat yang pertama yaitu sebagai anti-peradangan karena tomat mengandung tomatine. Selain itu, khasiat tomat juga dapat mengangkat lemak dan kotoran pada wajah karena mengandung asam sitrat. Tomat juga bermanfaat untuk antioksidan karena mengandung vitamin C dan beta-karoten.

2. Mencegah kerusakan kulit

Menurut sebuah penelitian, likopen diduga mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi diri dari paparan sinar ultraviolet dan membantu menjaga kulit tampak awet muda.

Selain itu, kandungan vitamin C dalam tomat juga berfungsi sebagai perangsang kolagen dan antioksidan yang membantu mencegah kerusakan kulit oleh sinar matahari, polusi dan asap. Manfaat tomat untuk wajah juga membantu mencegah kerutan halus dan memperbaiki tekstur kulit secara keseluruhan.

3. Menjaga kesehatan mata

Manfaat tomat untuk kesehatan ternyata dapat membuat mata lebih sehat karena kandungan beta karoten. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa makanan kaya vitamin A mampu meningkatkan produktivitas retina terutama dalam pencahayaan yang kurang dan dalam menginterpretasikan warna serta meningkatkan perkembangan mata.

4. Mengatasi penggumpalan darah

Khasiat tomat berikutnya yaitu dapat mengatasi kelelahan, mencegah penggumpalan darah, dan meningkatkan jumlah sperma pada laki-laki. Selain itu, manfaat tomat juga dapat menjaga keseimbangan kesehatan tubuh.

5. Mengatasi bisul
Manfaat tomat yang jarang orang tahu yaitu untuk mengobati bisul. Berikut ini cara mengobati bisul dengan timat; panaskan biji tomat dan dagingnya, kemudian letakan di atas bisul selama beberapa saat.

6. Mengatasi jerawat

Selain bisul, manfaat tomat untuk wajah yang berjerawat. Caranya, potong tomat menjadi beberapa bagian, kemudian gosokan pada jerawat. Lakukan hal tersebut setiap hari selama 1 bulan.

7. Mengatasi gangguan pencernaan

Selain manfaat tomat untuk kesehatan di atas, ternyata tomat juga dapat memulihkan fungsi lever, mengatasi gangguan pencernaan, penyakit empedu, hingga mencegah kolera.

8. Mengatasi penyakit jantung

Antioksidan likopen yang terkandung dalam tomat dipercaya dapat mengatasi penyakit jantung, meminimalisir kerutan pada wajah dan bintik hitam karena cahaya matahari.

Sejumlah penelitian menunjukkan bahwa manfaat tomat terkait erat dengan kesehatan jantung dan menurunkan faktor risiko penyakit jantung. Kandungan kalium dan likopennya efektif menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan membantu menjaga kestabilan irama jantung.

Nutrisi pada tomat juga terbukti dapat mengurangi peradangan yang terkait dengan risiko penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke, terutama pada orang dengan obesitas.

9. Menjaga berat badan

Manfaat tomat untuk kesehatan yang satu ini penting untuk Anda yang sedang menurunkan berat badan, karena berbagai kandungan gizi dalam buah tomat dapat mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet. Cocok buat kamu yang ingin tubuh langsing.

10. Mengobati keseleo

Khasiat tomat yang selanjutnya yaitu sebagai ramuan yang dapat menyembuhkan keseleo. Caranya, hancurkan tomat bersama wijen menggunakan blender. Kemudian dipanaskan sampai berminyak. Lalu minyak tersebut digunakan untuk memijat atau mengurut sendiyang keseleo. (sdk)

kanal24.co.id Manfaat Tomat
Popular

KANAL24 - 2019-07-29 3757 kali

Jangan Bawa Mitos ke Tanah Suci

KANAL24 - 2019-07-30 3389 kali

Merebut Kemuliaan di Masjidil Haram

KANAL24 - 2019-07-26 2823 kali

4.308 Pendaftar Vokasi Jalani Tes Masuk UB

KANAL24 - 2019-07-26 2566 kali

Jamaah Haji Perlu Jaga Diri

KANAL24 - 2019-07-28 2564 kali

Jadilah Tamu yang Baik

KANAL24 - 2019-07-27 2533 kali

Meraih Imbalan Surga