Kanal24, Malang – Untuk memfasilitasi skill kewirausahaan mahasiswa, Departemen Manajemen FEB UB mengadakan acara dengan tajuk Management Entrepreneur Day 2023 (MED). MED merupakan sebuah acara yang diadakan setiap tahun oleh Manajemen FEB UB di tahun 2023 ini MED mengambil tema “Glocalization era: bring the culture to the future.”
Muhammad Zhari Arrafi selaku koordinator mahasiswa menyampaikan bahwa tema tersebut bermaksud untuk membawa produk yang telah dikenal secara global kemudian dikombinasikan dengan unsur lokal yang sudah dikenal oleh masyarakat Indonesia.
“Dengan diadakannya acara MED ini diharapkan mahasiswa dapat melakukan praktik yang telah dipelajari dalam mata kuliah laboratorium kewirausahaan ke dalam praktik dunia kerja,” ucap mahasiswa angkatan 21 jurusan manajemen Universitas Brawijaya (17/05/2023).
Stand bazar MED 2023 (Sukana/Kanal24)
Terdapat 62 stand bazar yang dikelolah oleh mahasiswa yang menempuh mata kuliah laboratorium kewirausahaan secara berkelompok. Selain bekerjasama dengan mahasiswa sendiri, panitia juga mengajak peran UMKM binaan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya sebanyak 6 stand bazaar. Stand bazar MED 2023 diadakan selama dua hari sejak Selasa, 16 Mei 2023. Barang yang dijajakan sangat bervariasi, mulai dari makanan dan minuman, fashion, aromaterapi, kosmetik, dan bahkan aksesoris mobil.
“Tidak ada batasan dalam mengatur barang apa saja yang dijual dalam acara ini, para peserta bebas mengkreasikan barang yang mereka jajakan,” terang Arrafi.
Terdapat berbagai macam kreasi masakan yang dijajakan. Salah satunya Rian Adhitya Susanto, salah satu peserta yang menjual makanan kimgiri. Ia bersama timnya menjual makanan yang memadukan makanan khas jepang dan korea digabungkan dengan lidah Indonesia.
“Kelompok kami memadukan makanan Kimbab dari Korea dan Onigiri dari Jepang, kedua olahan tersebut kami olah sedemikian rupa dengan memadukan makanan khas Indonesia, rendang, ayam suwir, dan ayam geprek,” ujar Susanto.
Ia dan kelompoknya menemukan ide olahan Kimgiri setelah melihat adanya ketertarikan yang cukup tinggi dari budaya kedua negara tersebut. Mahasiswa angkatan 2021 jurusan manajemen tersebut menjelaskan bahwa produknya menjadi jawaban atas tingginya ketertarikan yang dimanfaatkan menjadi peluang dan potensi wirausaha.
Stand Kimgiri (Sukana/Kanal24)
“Dengan harga mulai dari Rp 8.000-an, di hari pertama kita berhasil menjual kurang lebih 80 porsi kimgiri,” terang Susanto.
Selain kegiatan bazaar yang diadakan selama dua hari, terdapat pula kegiatan lomba dan eksibition. Dian Ari Nugroho, SE., MM. selaku ketua penyelenggara Management Entrepreneur day 2023 mengatakan “beberapa kegiatan penunjang seperti lomba dan eksebisi diatur untuk menunjang praktik kewirausahaan”
Setiap stand produk akan diberikan satu sesi untuk mempresentasikan hasil produknya ke hadapan juri dari jajaran dosen FEB UB, para juri akan memberikan feedback dan nilai kepada produk mereka yang selanjutnya akan dipilih seorang pemenang tiap cabang lomba.
Dengan diadakannya acara Management Entrepreneur Day setiap tahunnya Nugroho berharap dengan mengutip pepatah kuno yang berbunyi “suatu perjalanan yang panjang harus dimulai dari satu langkah kecil.” ia berharap acara ini dapat menjadi langkah kecil yang sangat berperan dalam kesuksesan mahasiswa kedepannya. Mahasiswa juga diharapkan untuk bisa memetik pelajaran berharga dari acara ini sebagai pondasi untuk sukses berwirausaha kedepannya. (fan)