Kanal24 – Dunia bisnis masih terus berkembang, seiring meningkatnya teknologi internet dan pengguna internet. Perkembangan tersebut memunculkan tren baru pada elemen di dalamnya, termasuk marketing.
Banyak orang yang mulai beralih dari yang tadinya memanfaatkan marketing secara konvensional akhirnya melebarkan sayapnya ke dunia digital. Hal tersebut memunculkan strategi marketing baru, yaitu digital marketing yang memanfaatkan media digital, seperti social media, website, dan platform lainnya.
Dalam kegiatan digital marketing ini muncul beberapa istilah baru yang mungkin tidak familiar bagi banyak orang. Salah satunya ialah Call to Action (CTA). Mari kita kenali apa itu CTA lebih dalam lagi.
Apa itu CTA
Call to action (CTA) merupakan gambaran atas langkah yang marketer harapkan untuk diambil oleh pelanggannya. Lebih jelasnya, CTA adalah teknik marketing penggunaan gambar, tulisan, atau ucapan dengan tujuan mendorong pembacanya untuk melakukan action, baik mencari tahu lebih lanjut, berlangganan, atau mungkin membeli sesuatu.
Biasanya, CTA menjadi fitur marketing yang paling sering digunakan dalam sebuah website. CTA juga memiliki link yang akan mengarahkan pengunjung ke halaman yang dituju.
Manfaat CTA
CTA ternyata punya peran yang cukup krusial dalam Digital Marketing terutama untuk menarik perhatian serta minat audiens terhadap suatu produk/jasa. Beberapa keuntungan dalam memanfaatkan CTA untuk sebuah konten antara lain :
1. Meningkatnya konversi audiens untuk mengklik konten
2. Menambah value konten
3. Meningkatkan kesuksesan dalam memasang iklan digital
4. Memudahkan user dan buyer journey dengan mendapatkan informasi tambahan selepas membaca konten.
Tips Membuat CTA yang Efektif
CTA bisa disebut sebagai kampanye terselubung. Biasanya, keefektifan penggunaan CTA bisa maksimal apabila konteks CTA sesuai dengan pembahasan website dan konten yang diangkat. Pilihan warna yang menarik perhatian atau yang familiar bagi audiens serta tulisan yang jelas juga bisa meningkatkan keefektifan CTA.
Cara lainnya untuk membuat CTA efektif adalah dengan memberikan varian yang berbeda kepada pengunjung website. Maksudnya, website memberikan banyak pilihan yang bisa audiens lakukan. Marketer membuat CTA terhadap setiap kegiatan yang ingin diarahkan ke pengunjung website.
Contoh CTA
Tentunya kamu akan menemukan banyak sekali jenis dan contoh penerapan dari call to action ketika browsing di internet. Untuk lebih memahami CTA seperti apa, beberapa contohnya, antara lain Read More, Sign Up, Log In, Download Now, Join Now, Click Here, Cancel, Subscribe, Contact Us, dan masih banyak lagi.
Tidak hanya itu, contoh lain yang bisa kamu gunakan untuk konten Instagram, Twitter, atau Tiktok diantaranya adalah Follow for more info, coba komen dibawah, klik link yang ada di bio, klik keranjang kuning, dan sebagainya.
Nah, apakah sekarang kamu sudah kenal dan paham mengenai call to action? Pastinya masih banyak marketing strategy lainnya yang bisa diangkat oleh pebisnis. Namun, call to action bisa bumbu untuk menarik perhatian dan meningkatkan pengunjung audiens. (rbs)