Kanal24, Malang – Open House Universitas Brawijaya (UB) 2025 pada Minggu (31/08/2025) semakin semarak dengan hadirnya Share UB (Share International Consulting Club). Booth ini menarik perhatian mahasiswa baru karena menawarkan konsep berbeda, yaitu membentuk mahasiswa sebagai problem solver handal untuk berbagai bidang, mulai dari hukum, industri kreatif, teknik, hingga keuangan dan pemasaran.
Perwakilan Share UB, Redityo Arjunanda (FEB 2024) dan Christopher Lawrence Prieskananda (FH 2024), menjelaskan bahwa komunitas mereka hadir layaknya konsultan profesional, bukan sekadar organisasi kampus biasa. “Kami hadir sebagai problem solver untuk menjawab berbagai persoalan, bukan hanya terbatas pada dunia akademik, tapi juga industri nyata. Kami ingin melatih mahasiswa agar kritis, solutif, dan siap bersaing,” ungkap Arjuna.
Baca juga:
FKG UB Perkuat Jejaring lewat KRONOLOGI BSMD

Hadiah Eksklusif dan Aktivitas Menarik
Untuk menarik minat mahasiswa baru, Share UB menghadirkan sejumlah aktivitas seru, mulai dari permainan interaktif, sesi foto dengan photo frame unik, hingga hadiah eksklusif. “Kami menyiapkan hadiah-hadiah mewah seperti produk Lacoste, smartwatch, hingga paket kecantikan. Semua bisa didapatkan mahasiswa baru dengan cara sederhana, seperti registrasi dan ikut kegiatan booth,” tambah Lawrence.
Selain hadiah, Share UB juga menekankan pentingnya membangun hard skill sekaligus soft skill seperti critical thinking, public speaking, dan leadership. Melalui berbagai program, mereka berharap mahasiswa baru bisa lebih siap menghadapi tantangan di dalam maupun luar kampus.
Mentoring Beasiswa Gratis untuk Mahasiswa Baru
Tidak hanya fokus pada pengembangan keterampilan, Share UB juga menghadirkan inisiatif sosial berupa kelas mentoring beasiswa gratis. Program ini diberikan oleh para mahasiswa senior yang sudah berpengalaman meraih beasiswa.
“Karena sekarang banyak mahasiswa menghadapi tantangan ekonomi, kami membuka kelas mentoring beasiswa secara gratis. Mahasiswa baru bisa belajar cara mendaftar, menulis esai, hingga mempersiapkan wawancara. Jadi selain dapat pengalaman organisasi, mereka juga bisa mendapatkan peluang beasiswa,” jelas Arjuna.
Baca juga:
K3L UB Edukasi Mahasiswa Baru Soal Keselamatan di Open House 2025
Visi Besar: Cetak Generasi Emas 2045
Lebih jauh, Share UB menegaskan visinya untuk menjadi wadah pengembangan mahasiswa agar siap berkontribusi bagi Indonesia di masa depan. “Kami ingin adik-adik mahasiswa baru tidak hanya menjadi konsultan di kampus, tapi bisa berkembang hingga bekerja di perusahaan besar seperti Big Four, Shopee, L’Oréal, atau perusahaan multinasional lain. Intinya, kami membentuk generasi emas 2045 yang lebih kritis, cerdas, dan solutif,” pungkas Lawrence.Dengan konsep unik sebagai klub konsultasi mahasiswa, Share UB berhasil mencuri perhatian dalam Open House UB 2025. Mereka tidak hanya menawarkan pengalaman organisasi, tetapi juga peluang pengembangan diri, beasiswa, dan jejaring profesional yang bisa menjadi bekal berharga bagi mahasiswa baru. (nid/ptr)