Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

Berebut Segmen Anak Muda, Ini Jurus Emiten Telekomunikasi

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Ekonomi
0
1
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

KANAL24, Jakarta  – Persaingan ketat di sektor telekomunikasi berlangsung di segmen pasar anak muda setelah Telkomsel meluncurkan layanan “by.U” pada Oktober lalu. Axis membalas dengan memperbesar kuota  gaming , Smartfren dengan paket  unlimited  yang lebih murah dan Tri dengan paket berlangganan Amazon Prime Video.

“Kompetisi di semen anak muda tidak selalu buruk bagi operator besar,” tulis analis Indo Premier, Hans. Berikut garisbesar hasil riset Hans dalam publikasinya, Rabu (8/1/2020)

“by.U” Telkomsel beri tekanan harga di segmen anak muda
Telkomsel menjaga harga tetap stabil setelah meluncurkan “Internet OMG!” dan sub- brand  untuk milenial “by.U” pada Oktober 2019. “by.U” menawarkan kuota data yang sangat murah (10GB seharga Rp50 ribu), yang mengancam segmen pasar Axis dan Tri.

Axis mencoba bertahan dengan menyediakan data harian untuk bermain  game

EXCL melalui Axis meluncurkan kampanye “Axis Forever Play”, di mana pengguna dapat berlangganan kuota data 1GB /hari gratis yang dapat digunakan untuk bermain  game . “Langkah tersebut demi mempertahankan jumlah pelanggan 55 juta,” sebut Hans. Sebelumnya, paket  gaming  Axis disediakan melalui paket OWSEM, yang menawarkan kuota permainan tanpa batas.

Smartfren dan Tri juga membalas untuk mempertahankan pangsa pasarnya
Smartfren meluncurkan paket tak terbatas yang lebih murah yang disebut “4G Unlimited Lite” dengan biaya Rp50 ribu/28 hari. Sementara itu, Tri meluncurkan paket KeepOn yang menawarkan langganan Amazon Prime Video dan data 5GB seharga Rp75rb/bulan. “Kedua operator itu menawarkan paket di luar permainan, pendekatan yang berbeda untuk Axis,” ungkap Hans.

Telkom  merambah ke segmen yang lebih ramai

TLKM berusaha untuk memasuki demografi yang lebih ramai, yaitu Generasi Z (penetrasi internet sekitar 82% lebih besar dari penetrasi rata-rata industri sebesar 72%. Segmen ini juga memiliki potensi pasar sebanyak 70 juta). “Sebelumnya, kami melihat bahwa pasar ini terbagi rata antara Axis, Tri, dan Smartfren. Namun, kualitas jaringan akan menjadi kunci untuk mengamankan pelanggan karena permainan  mobile  dan  streaming  video membutuhkan latensi rendah, dan keandalan yang dapat mendukung TLKM,” papar Hans.

Persaingan di segmen yang ramai mungkin tidak selalu buruk untuk ARPU
Hans berpendapat, langkah TLKM masuk ke segmen anak muda yang ramai akan menguntungkan karena menyentuh basis pelanggan yang sebelumnya belum dimanfaatkan. Langkah tersebut kemungkinan juga tidak buruk bagi ARPU (paket Rp50k vs ARPU
TLKMcampuran Rp46k).

Kendarti demikian, Hans menegaskan, tetap mempertahankan
EXCL sebagai  top pick . “Karena perusahaan ini memiliki pemanfaatan data terendah dalam BTS-nya, sehingga akan memungkinkan mereka untuk mempertahankan keandalan jaringannya dengan promosi Axis,” ungkap Hans.

Potensi pertumbuhan ARPU akan terdorong oleh konsumsi data yang lebih tinggi dari  mobile gaming  dan  streaming  video. Risikonya adalah balasan dari operator yang lebih kecil. (sdk)

Post Views: 312
Previous Post

Ahir Tahun 2019, Lion Air Group Terbangkan 2,5 Juta Penumpang

Next Post

Libur Hampir Usai, Yuk Cek Lagi Jadwal KRS mu

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Libur Hampir Usai, Yuk Cek Lagi Jadwal KRS mu

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
Anggis Devaki Kembali Hadir Lewat “Dirimu yang Dulu”

Anggis Devaki Kembali Hadir Lewat “Dirimu yang Dulu”

July 12, 2025
Empat Wisata Kebun Binatang Seru di Malang

Empat Wisata Kebun Binatang Seru di Malang

July 12, 2025
Tips Seimbang Kuliah dan Aktivitas ala Mahasiswa UB, Regina

Tips Seimbang Kuliah dan Aktivitas ala Mahasiswa UB, Regina

July 12, 2025
Disertasi Doktor FK UB Temukan Teripang Pasir Cegah Kanker Hati

Disertasi Doktor FK UB Temukan Teripang Pasir Cegah Kanker Hati

July 11, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023