Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

BELAJAR KOMUNIKASI PELAYANAN PRIMA DARI NABI SULAIMAN

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Ekonomi
0
1
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

oleh | Akhmad Muwafik Saleh

Bermula dari kisah Nabi Sulaiman yang mendapatkan kabar dari burung Hud tentang adanya sebuah kerajaan yang dipimpin oleh seorang perempuan penyembah matahari yaitu kerajaan saba’ dengan seorang ratu bernama Bilqis. Nabi Sulaiman mengirim surat dakwah kepadanya dan mengundangnya untuk datang ke kerajaan Nabi Sulaiman. Untuk menjamu tamu dari kerajaan Saba’ ini maka Nabi Sulaiman memerintahkan bala tentaranya yang terdiri dari jin dan manusia termasuk burung dan kalangan hewan lainnya. Selain bermaksud untuk melemahkan psikologis lawan, nabi sulaiman juga ingin menunjukkan kekuasaannya yang luar biasa. Sebagaimana di jelaskan dalam teks sumber wahyu :

Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ ŁŠŁŽŁ°Ł“Ų£ŁŽŁŠŁ‘ŁŁ‡ŁŽŲ§ Ł±Ł„Ū”Ł…ŁŽŁ„ŁŽŲ¤ŁŲ§Ł’ Ų£ŁŽŁŠŁ‘ŁŁƒŁŁ…Ū” ŁŠŁŽŲ£Ū”ŲŖŁŁŠŁ†ŁŁŠ ŲØŁŲ¹ŁŽŲ±Ū”Ų“ŁŁ‡ŁŽŲ§ Ł‚ŁŽŲØŪ”Ł„ŁŽ Ų£ŁŽŁ† ŁŠŁŽŲ£Ū”ŲŖŁŁˆŁ†ŁŁŠ Ł…ŁŲ³Ū”Ł„ŁŁ…ŁŁŠŁ†ŁŽ

Dia (Sulaiman) berkata, ā€œWahai para pembesar! Siapakah di antara kamu yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku menyerahkan diri?ā€ (QS. An-Naml, Ayat 38)

Apabila ditarik dalam konteks komunikasi pelayanan prima maka kisah pada ayat ini seakan ingin memberikan pelajaran bahwa ada suatu niat kuat dari si pemberi layanan untuk menghadirkan satu suasana yang dekat dengan suasana dari si penerima layanan. Kedekatan suasana memungkinkan penerima layanan akan merasa lebih nyaman sehingga mampu mengantarkan pada perasaan puas. Ayat selanjutnya menjelaskan :

ŁŁŽŁ„ŁŽŁ…Ł‘ŁŽŲ§ Ų¬ŁŽŲ§Ł“Ų”ŁŽŲŖŪ” Ł‚ŁŁŠŁ„ŁŽ Ų£ŁŽŁ‡ŁŽŁ°ŁƒŁŽŲ°ŁŽŲ§ Ų¹ŁŽŲ±Ū”Ų“ŁŁƒŁŪ– Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽŲŖŪ” ŁƒŁŽŲ£ŁŽŁ†Ł‘ŁŽŁ‡ŁŪ„ Ł‡ŁŁˆŁŽŪš ŁˆŁŽŲ£ŁŁˆŲŖŁŁŠŁ†ŁŽŲ§ Ł±Ł„Ū”Ų¹ŁŁ„Ū”Ł…ŁŽ مِن Ł‚ŁŽŲØŪ”Ł„ŁŁ‡ŁŽŲ§ ŁˆŁŽŁƒŁŁ†Ł‘ŁŽŲ§ Ł…ŁŲ³Ū”Ł„ŁŁ…ŁŁŠŁ†ŁŽ

Maka ketika dia (Balqis) datang, ditanyakanlah (kepadanya), ā€œSerupa inikah singgasanamu?ā€ Dia (Balqis) menjawab, ā€œSeakan-akan itulah dia.ā€ (Dan dia Balqis berkata), ā€œKami telah diberi pengetahuan sebelumnya dan kami adalah orang-orang yang berserah diri (kepada Allah).ā€ (QS. An-Naml, Ayat 42)

Ayat ini selain ingin menunjukkan kekuasaan dan melemahkannya, boleh jadi pula Nabi Sulaiman ingin membuat tamu merasa seakan di rumah sendiri. Hal ini apabila di tarik dalam ranah kajian komunikasi pelayanan publik maka seakan memberikan sebuah pelajaran bahwa sudah menjadi tanggungjawab dari petugas layanan untuk membuat publik seakan berada di rumahnya sendiri (at home) agar mereka merasa nyaman. Suasana rumah adalah suasana kekeluargaan, penuh keterbukaan, penuh kepedulian, saling bantu, intinya adalah zona nyaman. Artinya bahwa selayaknya sebuah organisasi pelayanan harus mampu menciptakan suasana yang sedemikian rupa agar publik layanan merasa betah dan nyaman selama berinteraksi dan berada di ruang layanan. Demikian pula dalam realitas era 4.0 ini maka suasana nyaman juga harus diwujudkan melalui kemudahan akses, lengkapnya layanan dan kecepatan proses. Fitur layanan dalam sebuah aplikasi ibarat ruang kantor layanan yang harus didesain sedemikian rupa agar tampak indah dan membuat nyaman bagi para penerima layanan yang mampu mengantarkannya pada nilai kepuasan.

Agar seseorang merasa nyaman dan puas maka perlu upaya untuk selalu melakukan inovasi atas layanan yang ditawarkan. Hal demikian dilakukan oleh Nabi Sulaiman pada saat sebelum kedatangan tamunya, yaitu Ratu Balqis. Sebagaimana disebutkan dalam ayat :

Ł‚ŁŽŲ§Ł„ŁŽ Ł†ŁŽŁƒŁ‘ŁŲ±ŁŁˆŲ§Ł’ Ł„ŁŽŁ‡ŁŽŲ§ Ų¹ŁŽŲ±Ū”Ų“ŁŽŁ‡ŁŽŲ§ Ł†ŁŽŁ†ŲøŁŲ±Ū” Ų£ŁŽŲŖŁŽŁ‡Ū”ŲŖŁŽŲÆŁŁŠŁ“ Ų£ŁŽŁ…Ū” ŲŖŁŽŁƒŁŁˆŁ†Ł Ł…ŁŁ†ŁŽ Ł±Ł„Ł‘ŁŽŲ°ŁŁŠŁ†ŁŽ Ł„ŁŽŲ§ ŁŠŁŽŁ‡Ū”ŲŖŁŽŲÆŁŁˆŁ†ŁŽ

Dia (Sulaiman) berkata, ā€œUbahlah untuknya singgasananya; kita akan melihat apakah dia (Balqis) mengenal; atau tidak mengenalnya lagi.ā€ (QS. An-Naml, Ayat 41)

Sebuah kesan yang di dapat dari ayat tersebut mengajarkan tentang pentingnya sebuah perubahan dan inovasi atas sebuah layanan agar layanan mampu membuat “shock” keterkejutan bagi publik, tentunya dalam makna yang positif. Inovasi dimaksudkan untuk membuat publik merasa nyaman dengan perubahan, menfasilitasi kemudahan dan kecepatan layanan sekaligus memberikan rasa percaya diri pada publik sebagai pihak yang merasa terhormat atas pelayanan tersebut.

Komunikasi pelayanan publik membutuhkan kesungguhan dan keseriusan dalam menerima tamu dan memberikan pelayanan sehingga pelayanan dapat dipersepsi terbaik dan itulah yang disebut pelayanan prima yang mengantarkan pada titik kepuasan dan loyalitas tertinggi. Cara meraih kemuliaan hanyalah dengan memuliakan orang lain.

Penulis KH Akhmad Muwafik Saleh Pengasuh Pesma Tanwirul Afkar dan Dosen FISIP UB

Post Views: 319
Previous Post

Melatih Kreatifitas Dari Sampah Plastik

Next Post

Sepekan, Pasar Saham Fluktuatif Diterpa Corona

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Jaga Daya Beli Masyarakat, Antisipasi Ekonomi Melempem

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023
oval layer

5 Gaya Rambut yang Tepat untuk Pipi Chubby agar Tampil Lebih Menarik

August 25, 2024

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Pemkot Malang Tingkatkan Sinergi dan Soliditas Demi Keamanan Wilayah

Pemkot Malang Tingkatkan Sinergi dan Soliditas Demi Keamanan Wilayah

8
Budayakan Gaya Hidup Sehat, Fapet UB Gelar Latihan Jalan Nordik

Budayakan Gaya Hidup Sehat, Fapet UB Gelar Latihan Jalan Nordik

7
Manfaat Naik Turun Tangga Setiap Hari Bagi Kesehatan

Manfaat Naik Turun Tangga Setiap Hari Bagi Kesehatan

7
Peluang Karier Untuk Lulusan Hukum di Industri Energi

Peluang Karier Untuk Lulusan Hukum di Industri Energi

December 12, 2025
Pertamina Butuh Lulusan Hukum Berintegritas

Pertamina Butuh Lulusan Hukum Berintegritas

December 12, 2025
BUMN Pacu Transformasi Menuju Ekonomi Hijau

BUMN Pacu Transformasi Menuju Ekonomi Hijau

December 12, 2025
Toga Baru UB Usung Spirit Ke-Brawijayaan

Toga Baru UB Usung Spirit Ke-Brawijayaan

December 12, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • 5 Gaya Rambut yang Tepat untuk Pipi Chubby agar Tampil Lebih Menarik

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Tren Rambut Pria 2025: Gaya Modern dan Maskulin

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
UB Radio 107.5 FM
107.5 FM
Tap to Play
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2025

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkiniā€Ž
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2025