Kanal24 – PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) kembangkan layanan pembayaran nontunai menggunakan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dengan menggandeng Indomaret Group demi perkuat ekosistem cashless society untuk mempermudah kebutuhan transaksi masyarakat.
Adi Sulistyowati selaku Wakil Direktur Utama BNI mengatakan BNI dan Indomaret menghadirkan pembayaran non-tunai dengan menunjukkan QRIS BNI Mobile Banking kepada petugas kasir.
Menurutnya, Indomaret memiliki jaringan minimarket yang besar dengan basis pelanggan dan transaksi yang lebih dari 20.000 gerai tersebar di seluruh Indonesia.
BNI berharap pengembangan layanan ini dapat membantu masyarakat untuk bertransaksi lebih cepat dan sederhana melalui berbagai channel digital khususnya QRIS.
“Kolaborasi bersama mitra bisnis kami ini merupakan salah satu strategi BNI dalam memperluas akseptasi transaksi nontunai dengan QRIS di Indonesia. Semoga kolaborasi ini mampu memberikan dampak lebih positif pada masyarakat serta BNI dan Indomaret sebagai penyedia layanan,” ujarnya
Adi menuturkan pihaknya sangat mendukung gerakan non-tunai dari Bank Indonesia (BI) sehingga BNI secara aktif mengajak masyarakat Indonesia khususnya nasabah yang berada dari Sabang sampai Merauke untuk mengimplementasikan program tersebut.
“BNI sendiri telah memiliki fitur QRIS di BNI Mobile Banking yang ke depannya akan mampu meningkatkan kecepatan transaksi sehingga diharapkan memperbesar transaksi dan konsumsi masyarakat,” tuturnya.
Prismatama Darmawi Alie selaku Marketing Director PT Indomarco menuturkan seiring dengan kemajuan teknologi, melakukan transaksi non-tunai memberikan banyak manfaat bagi masyarakat, yakni meminimalisir penularan virus melalui media fisik atau uang tunai.
“Kami tentunya menyambut baik ajakan kerja sama BNI ini. Tentunya langkah ini juga sesuai dengan Indomaret memiliki tagline mudah dan hemat, kemudahan berbelanja di Indomaret terus kami tingkatkan dari waktu ke waktu,” ujarnya.
Tercatat sebanyak 20.500 merchant telah menerima pembayaran dari QRIS BNI Mobile Banking sehingga transaksi QRIS juga terus meningkat, dimana pada kuartal I tahun 2022, terdapat lebih dari 560.000 transaksi QRIS di BNI Mobile Banking dan meningkat menjadi 1,03 juta transaksi pada kuartal II atau tumbuh 82 persen secara tahunan.
Hal ini menunjukkan semakin banyak pengguna BNI Mobile Banking yang terbiasa menggunakan QRIS sebagai pilihan transaksi non-tunai.