Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

MEMBUMIKAN HAMDALAH DALAM KOMUNIKASI PELAYANAN

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Ekonomi
0
5
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

oleh | Akhmad Muwafik Saleh

Surat pertama dalam Al Quran adalah surat al Fatihah (pembuka). Dikenal pula dengan sab’ul matsaaniy, yaitu surat yang terdiri dari tujuh ayat yang paling sering diulang-ulang. Setidaknya minimal dibaca berulang-ulang 17 kali dalam shalat lima waktu. Ayat pertama dari surat al Fatihah dimulai dengan kata Alhamdulillahi, artinya segala puji bagi Allah. Kata kedua yang paling banyak disebut setelah kata Bismillahirrahmanirrahim. Jika kalimat basmalah adalah kalimat pembuka dalam setiap tindakan, maka kalimat hamdalah adalah penutup dari seluruh tindakan manusia.  

Kalimat alhamdulillah (الحمد لله) sebenarnya berasal dari susunan kalimat حمدت حمدا لله, artinya aku telah memuji dengan suatu pujian untuk Allah. Namun untuk efektifitas kalimat maka حمدت dibuang. Sehingga menjadi حمدا لله، yaitu menempatkan kata benda dasar ( المصدر ) tanpa menyebutkan kata kerjanya ( الفعل ). Selanjutnya ditambahkan huruf alif dan lam ( أل ) sebagai tanda ma’rifah pada kalimat tersebut menjadi الحمد لله, yang menunjukkan makna keberlangsungan selamanya ( الدوام ) dan kontinuitas ( الإستمرار ). Sehingga dengan tidak menggunakan kata kerja (الفعل) baik lampau (المضي) sekarang dan akan datang (المضارع), namun menggantinya dengan kata benda dasar (المصدر) maka hal ini memberikan suatu kesan bahwa pujian atau rasa syukur tersebut dibatasi oleh ruang waktu dan tempat dan harus dihadirkan setiap saat kapan pun dan dimanapun. Hal ini dapat kita jumpai dalam beberapa ayat Al Quran:

دَعۡوَىٰهُمۡ فِيهَا سُبۡحَٰنَكَ ٱللَّهُمَّ وَتَحِيَّتُهُمۡ فِيهَا سَلَٰمٞۚ وَءَاخِرُ دَعۡوَىٰهُمۡ أَنِ ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلۡعَٰلَمِينَ

Doa mereka di dalamnya ialah, “Subhanakallahumma”  (Mahasuci Engkau, ya Tuhan kami), dan salam penghormatan mereka ialah, “Salam” (salam sejahtera). Dan penutup doa mereka ialah, “Al-Hamdu lillahi Rabbil ‘alamin” (segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam). (QS. Yunus, Ayat 10)

وَقُلِ ٱلۡحَمۡدُ لِلَّهِ ٱلَّذِي لَمۡ يَتَّخِذۡ وَلَدٗا وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ شَرِيكٞ فِي ٱلۡمُلۡكِ وَلَمۡ يَكُن لَّهُۥ وَلِيّٞ مِّنَ ٱلذُّلِّۖ وَكَبِّرۡهُ تَكۡبِيرَۢا

Dan katakanlah, “Segala puji bagi Allah yang tidak mempunyai anak dan tidak (pula) mempunyai sekutu dalam kerajaan-Nya dan Dia tidak memerlukan penolong dari kehinaan dan agungkanlah Dia seagung-agungnya. (QS. Al-Isra’, Ayat 111)

Kalimat alhamdulillah adalah tanda syukur makhluk atas segala karunia yang telah diberikan oleh Allah swt dengan nikmat yang tidak pernah putus. Sehingga bersyukur haruslah terus menerus diwujudkan sebagai tanda berterima kasih atas nikmatNya itu. Sehingga suatu ketika disaat Rasulullah ditanya oleh putrinya, sayyidah Fatimah akan ibadahnya yang sangat hebat hingga kaki beliau bengkak. Sebagaimana disebutkan dalam sebuah hadits:

كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي حَتَّى تَرِمَ أَوْ تَنْتَفِخَ قَدَمَاهُ فَيُقَالُ لَهُ فَيَقُولُ أَفَلَا أَكُونُ عَبْدًا شَكُورًا

i shallallahu ‘alaihi wasallam pernah mengerjakan shalat hingga kaki beliau bengkak, lalu dia katakan kepada beliau, namun beliau menjawab: “Tidak bolehkah aku menjadi hamba yang bersyukur.” (HR. Bukhari no. 5990).

Dalam konteks yang lebih spesifik di kajian komunikasi pelayanan publik, maka kalimat alhamdulillah dalam surat al fatihah ini memberikan suatu kesan dan inspirasi bahwa komunikasi pelayanan publik haruslah dibangun atas prinsip-prinsip berikut: 
1. Komunikasi pelayanan publik adalah praktek komunikasi yang dibangun atas perasaan bahagia. Suatu suasana hati yang berada dalam keadaan atau perasaan senang dan tenteram yaitu bebas dari segala yang menyusahkan. Perasaan bahagia ini bermula dari pikiran yang tenang dan damai kemudian mendorong sikap dan tindakan yang penuh semangat, bahagia dan menyenangkan. Sikap ini muncul dalam tindakan dengan wujudnya semangat untuk membantu orang lain, memudahkan dan mempercepat proses pelayanan.  Keadaan demikian yang akan melahirkan suasana bahagia bagi organisasi.
2. Komunikasi pelayanan publik haruslah dimotivasi oleh semangat pengabdian. Sebagaimana dipahami bahwa kalimat alhamdulillahi rabbil ‘alamiin adalah ucapan syukur kepada Tuhan semesta alam. Wujud rasa syukur adalah mengabdikan dirinya kepada Tuhan semesta alam dan bentuk pengabdian itu terimplementasikan dalam praktek pelayanan secara objektif. 
3. Menghadapi persoalan dan complaint selama proses pelaksanaan komunikasi pelayanan publik haruslah dilakukan dengan penuh rasa syukur, penerimaan dengan filosofi kalimat terima kasih yaitu menerima setiap masukan dan kritikan kemudian memberi (kasih) kebaikan berupa sikap positif karena telah memberi tahukan kekurangan yang ada sebagai modal untuk melakukan perbaikan dan perubahan pelayanan ke arah yang lebih baik.
4. Komunikasi pelayanan publik adalah kegiatan yang lebih mengedepankan kenyamanan bagi para pengguna baik kenyamanan fisik maupun psikis. Kenyamanan fisik berupa kenyamanan tempat, fasilitas dsb. Kenyaman psikis berupa cara penerimaan dan pola hubungan. Kenyamanan pada yang kedua ini cenderung lebih berdampak daripada yang pertama. Untuk itu sebagai wujud penciptaan kenyamanan psikis itu maka awali pelayanan dengan senyuman dan akhiri dengan ucapan terima kasih. 

Beberapa prinsip nilai diatas adalah konsepsi ideal yang layak diwujudkan dalam realitas komunikasi layanan publik yang mengedepankan nilai-nilai profetik.

Penulis KH Akhmad Muwafik Saleh Pengasuh Pesma Tanwirul Afkar dan Dosen FISIP UB

Post Views: 245
Previous Post

Tahun 2020 Pemerintah Akan Bangun 148 Jembatan Gantung

Next Post

Akhir Pekan Laju IHSG Masih Melemah

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Akhir Pekan Laju IHSG Masih Melemah

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
Program Anak Asuh Grand Mercure Malang Mirama Ceriakan Anak di New Wisata Wendit

Program Anak Asuh Grand Mercure Malang Mirama Ceriakan Anak di New Wisata Wendit

June 20, 2025
Wilda Beauty Wedding Panen Job di Musim Manten

Wilda Beauty Wedding Panen Job di Musim Manten

June 19, 2025
Inovasi Mahasiswa UB : Jemuran Otomatis Berbasis Sensor Cuaca

Inovasi Mahasiswa UB : Jemuran Otomatis Berbasis Sensor Cuaca

June 19, 2025
Mahasiswa TI Vokasi UB Tampilkan Inovasi di Tech Fair 2025

Mahasiswa TI Vokasi UB Tampilkan Inovasi di Tech Fair 2025

June 19, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023