Kanal24, Malang – Dosen Departemen Psikologi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Brawijaya (UB) kembali melakukan Pengabdian Masyarakat di SMP Inklusi 10 Malang pada Rabu-Rabu (23/08-06/09/2023). Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan Intervensi Psikologi Pendidikan Sebagai Strategi Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Sasaran Pengabdian ini adalah siswa kelas VII dan kelas VIII di SMP 10 Malang berjumlah 60 siswa. Anggota kelompok tim pengabdian masyarakat dosen psikologi FISIP UB antara lain Ulifa Rahma, M. Psi., Yuliezar Perwira Dara, M. Psi., dan Yuli Rahmawati, S. Psi, M. Psi.
Pengabdian ini dilakukan dengan latar belakang bahwa isu Pendidikan saat ini adalah lunturnya nilai Pancasila pada generasi muda yaitu krisis dan kegawatdaruratan pendidikan karakter. Kegagalan pendidikan karakter dapat mengakibatkan siswa kehilangan jati dirinya dan melakukan tindakan tidak bermoral. Contohnya seperti tawuran, perundungan, kekerasan seksual, minum-minuman beralkohol penyalahgunaan narkoba maupun masalah lainnya.
Profil Pelajar Pancasila dirancang dengan kesadaran bahwa masa depan negara dan bangsa Indonesia sangat membutuhkan generasi muda yang tidak hanya memiliki kemampuan bernalar yang kuat, tetapi juga beriringan dengan kecerdasan emosi, memiliki nilai moral yang teguh, dan bijaksana dalam menyikapi berbagai tantangan. Maka dari itu strategi penguatan pendidikan karakter perlu dirumuskan kembali untuk menguatkan implementasi pendidikan karakter di sekolah, salah satunya melalui intervensi Pendidikan dalam aspek psikologi melalui pembangunan potensi dan pembentukan karakter dengan aktivitas yang melibatkan 6 dimensi profil pelajar pancasila diharapkan dapat membangun wawasan, pengetahuan dan keterampilan untuk mewujudkan penguatan profil pelajar Pancasila.
Kegiatan diawali pengisian pretest untuk mengukur pengetahuan dan sikap siswa. Selanjutnya penyampaian psikoedukasi melalui ceramah, diskusi interaktif dan pemutaran video contoh profil pelajar pancasila. Dalam materi ini dijelaskan bagaimana aspek psikologis siswa dan aplikasi penguatan karakter pancasila dalam kehidupan sehari hari. Melalui kegiatan ini, dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap terkait dimensi profil pelajar pancasila. Materi ini disampaikan oleh Ulifa Rahma, S. Psi, M. Psi, Psikolog dan Yuliezar Perwira Dara, S. Psi, M. Psi, Psikolog.
Selanjutnya, ada kegiatan merencanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dengan tema gaya hidup berkelanjutan. Materi ini disampaikan oleh praktisi Ibu Nihan Werdi Sesulih. Beliau menyampaikan contoh bagaimana memanfaatkan kain bekas untuk menjadi produk baru dengan daya jual. Dalam kegiatan ini siswa diajak bagaimana cara untuk membuat proyek kreasi dari kain bekas berdaya jual dan dapat dijadikan daur ulang.
Siswa-siswi diberikan contoh dan cara pembuatannya, dilakukan sesi diskusi dan siswa dibentuk berkelompok untuk membuat perencanaan mengenai kreasi yang akan mereka wujudkan dalam bentuk produk baru. Kegiatan ini akan melibatkan aspek penguatan profil pelajar Pancasila baik dalam aspek berpikir kritis, kreativitas, berkebhinekaan, gotong royong, kemandirian, Berketuhanan Yang Maha Esa.
Kemudian, kegiatan berikutnya adalah Ulifa Rahma, S. Psi, M. Psi, Psikolog merencanakan dan membuat proyek kreasi produk dari kain bekas. Dalam proses ini dilakukan secara berkelompok. Siswa-siswi diminta untuk membuat produk kreasi dari kain bekas dan mengisi worksheet mengenai aplikasi aspek penguatan profil Pancasila yang terdiri dari aspek berpikir kritis, kreativitas, berkebhinekaan, gotong royong, kemandirian, Berketuhanan Yang Maha Esa. Tugas penyelesaian proyek dilaksanakan selama 2 minggu dimana tim pengabdian masyarakat membantu siswa mendampingi dan mengevaluasi kegiatan.
Dalam proses evaluasi tim pengabdian berdiskusi dengan siswa dan guru bagaimana manfaat, kendala dan pemecahan masalah dalam penguatan profil pelajar Pancasila. Proses evaluasi kegiatan dilakukan oleh tim pengabdian dosen yang terdiri dari Ulifa Rahma, S. Psi, M. Psi, Psikolog, Yuli Rahmawati, S. Psi, M. Psi, Psikolog dan Yuliezar Perwira Dara, S. Psi, M. Psi, Psikolog. Dalam proses evaluasi juga dipilih 3 kelompok terbaik yang mampu menerapkan karakter Pancasila secara komprehensif untuk mendapatkan hadiah dan sertifikat.
Melalui pengabdian ini diharapkan siswa tidak hanya memiliki pengetahuan, namun juga dapat memiliki kesadaraan dan mengimplementasikan nilai-nilai karakter dalam kehidupan di sekolah, rumah dan masyarakat sehingga menjadi generasi penerus bangsa berkarakter kuat dan mulia.