13 Mahasiswa Malaysia Lanjutkan S1 di UB

KANAL24 -2020-03-02, 15:00:00 WIB 467 kali

mahasiswa Malaysia bersama pimpinan FT UB (mega kanal24)

KANAL24, Malang - Sebanyak 13 mahasiswa asal Malaysia belajar di Universitas Brawijaya. Sepuluh mahasiswa berasal dari Universiti Tun Hussien Onn Malaysia (UTHM) dan tiga mahasiswa dari Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Ketiga belas mahasiswa tersebut merupakan peserta program exchange kerja sama antara Fakultas Teknik UB dengan kedua universitas tersebut.

Head of International Liaison Office (ILO) FT UB, Dr. Ir. Rini Nur Hasanah, ST., MSc mengatakan kepada kanal24 bahwa ketiga belas mahasiswa Malaysia terbagi ke dalam 3 program studi, 3 mahasiswa di Teknik industri, 3 mahasiswa di Teknik elektro, 7 mahasiswa di Teknik mesin. Mereka berbaur dengan mahasiswa lain untuk mengikuti kegiatan perkuliahan selama semester genap 2019/2020 ini.

“Ketiga belas mahasiswa ini belajar selama 1 semester di UB sampai bulan Mei mendatang. Mereka masuk di kelas reguler dan berbaur dengan mahasiswa lain. Mereka mengambil mata kuliah yang ekuivalen dengan mata kuliah sejenis di kampus asal,” terang Rini saat Pengenalan Kehidupan Kampus mahasiswa inbound (28/2/2020) di FT UB.

Lanjutnya, semakin banyak mahasiswa asing yang inbound di UB, maka UB semakin dikenal dan otomatis meningkatkan reputasi dan akreditasi UB di tingkat internasional. Selain itu, dengan adanya program exchange ini, mahasiswa UB juga dapat menambah wawasan dan lingkup pertemanan yang baru dan semakin global.

Selama inbound di UB, ke 13 mahasiswa asing tersebut bertempat tinggal di asrama internasional Universitas Brawijaya yang letaknya berdampingan dengan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UB. Asrama internasional ini sebagai wujud bukti nyata UB dalam memfasilitasi mahasiswa-mahasiswa asing yang ingin studi di kampus perjuangan tersebut.

Salah satu mahasiswa inbound, Fatina, mengatakan dengan mengikuti program ini, dirinya berkesempatan untuk melihat lebih rinci sistem pendidikan di UB yang tidak menutup kemungkinan ia akan melanjutkan studi di kampus tersebut.

“Kami rata-rata berasal dari Diploma dan saat ini sedang melanjutkan untuk jenjang S1, siapa tahu disini kami bisa cocok dan bisa melanjutkan pendidikan lebih lanjut di UB,” tandasnya. (meg)

kanal24.co.id FT UB International Office UB Mahasiswa Malaysia