PLN Minta Mobil Listrik Produksi Massal

KANAL24 -2019-11-01, 13:00:00 WIB 48 kali

PLN terus siapkan pendukung mobil listrik (liputan 6)

KANAL24, Jakarta - PT PLN (Persero) berharap, pabrikan kendaraan bermotor segera menyediakan produk bertenaga listrik, lantaran tingginya minat konsumen untuk memiliki kendaraan yang efisien dan ramah lingkungan.


Hal tersebut seperti disampaikan General Manager PLN Distribusi Jawa Timur, Bob Saril dalam keterangannya kepada pers, Jumat (1/11) di acara Indonesia International Motor Show ( IIMS ) 2019 Surabaya, Jawa Timur yang berlangsung pada 30 Oktober-3 November 2019.


Bob Saril mengatakan, keikutsertaan PLN dalam IIMS 2019 merupakan inisiatif memperkenalkan teknologi kendaraan listrik dan mendorong percepatan implementasi penggunaan kendaraan bermotor listrik berbasis baterai, sesuai Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 55 Tahun 2019. "PLN berkewajiban mendorong terlaksananya percepatan program kendaraan bermotor listrik di Tanah Air," katanya.


Lebih lanjut dia menyebutkan, sejauh ini minat masyarakat sangat tinggi terhadap kendaraan bertenaga listrik, karena biaya operasional yang lebih murah ketimbang menggunakan kendaraan berbahan bakar minyak. Bob Saril menambahkan, kendaraan listrik juga lebih aman dan ramah lingkungan.


"Animo masyarakat yang besar ini semestinya pula direspons positif oleh perusahaan pabrikan untuk menyediakan kendaraan listrik secara massal," ujar Bob Saril.


Bob Saril mengungkapkan, saat ini PLN dalam kondisi siap untuk menyediakan pasokan tenaga listrik yang dibutuhkan masyarakat. "Secara pasokan listrik, PLN telah siap. Kami sedang siapkan infrastruktur untuk menunjang kendaraan bertenaga listrik," tegas Bob Saril.


Sebelumnya, Plt Direktur Utama PLN, Sripeni Inten Cahyani mengatakan, untuk melengkapi infrastruktur kendaraan listrik PLN membuka Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di empat kota, yakni Tengerang Selatan, Bali Selatan, Jakarta dan Bandung.


Dia menyebutkan, pembukaan sejumlah SPKLU tersebut merupakan bagian dari implementasi kelengkapan infrastruktur kendaraan bermotor listrik berbasis baterai sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 55 Tahun 2019.


PLN telah bekerja sama dengan 20 mitra strategis terkait percepatan implementasi program kendaraan bermotor listrik berbasis baterai untuk transportasi jalan dan SPKLU. Pada tahun ini, PLN berencana membangun sepuluh SPKLU di beberapa kota.


Sripeni menambahkan kerjasama PLN dengan 20 mitra swasta dan BUMN juga akan menyediakan area parkir kendaraan bermotor listrik di perkantoran dan selanjutnya ke pusat perbelanjaan. "Itu semua dilakukan sebagai upaya menciptakan terwujudnya ekosistem kendaraan bermotor listrik berbasis baterai," ujarnya. (sdk)

kanal24.co.id pln Mobil Listrik