Oleh : Sri Juminawati, SE.,MM.,C.LA-ALC.,C.ME.,C.EXT.
Trend utama dalam studi pembelajaran berbasis edukasi pengajaran, peranan tutor sebagai individu yang mampu membimbing atau mengarahkan, tentu nya kualitas tutor harus mampu memberikan bimbingan dalam hal ini pembelajaran belajar kepada para peserta didik baik secara kelompok dan individu. Adapun peran sebagai tutor dapat dikatakan sebagai peran motivator yang mampu memberikan mendorongan dengan cara memberi nasihat, pujian dan penilaian dari yang di bimbingnya.
Secara sistematis dalam pengelolaan kegiatan pembelajaran meliputi perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Unsur terpenting Tutor dalam kegiatan pembelajaran, oleh karena itu peran tutor adalah sebagai motivator pada umumnya, tutor mampu menjalankan perannya sehingga tutor dapat meningkatkan motivasi belajar kepada siswa siswa, dan tidak bisa disangkal karena kegiatan belajar adalah suatu keharusan / wajib bagi siswa, oleh sebab itu motivasi sangat penting artinya untuk dapat membangun semangat belajar bagi siswa belajar dalam pendidikan seluruh aspek keilmuan.
Menjadi suatu pertanyaan dari pernyataan di atas, bagaimana cara menjadi tutor yang baik? Dijelaskan bahwa seorang tutor seharusnya mempunyai kemampuan komunikasi yang baik, Antusias dan mempunyai semangat mengajar tinggi, Memiliki tingkat humor yang tinggi dan mau bergurau dengan para siswa siswa, Mampu memperhitungkan opini siswa siswa, Menghormati para siswa siswa dan guru/dosen dengan kata lain tutor yang baik mampu memecah kekakuan kelas dapat menciptakan situasi kelas yang menyenangkan dalam proses belajar.
Dampak positif dari tutor yang mampu memecahkan kelas yang kaku menjadi kelas yang menyenangkan, siswa akan merasa nyaman dan dapat meningkatkan pemahaman, adanya kepedulian dan empati terhadap proses belajar.
Perihal ini harus diperjelas dan siswa harus merasa bisa mengatasinya, karena dengan bekal ini mereka bisa menjadi mandiri ke depannya. Maka dapat diuraikan bahwa tutor yang baik adalah yang ingin berkomitmen dan metodis, seorang pendidik dan juga pengamat yang baik. Mereka tahu cara memperhitungkan kesulitan yang ditemui siswa dan bisa mengadaptasikan metode kerja dengan karakteristik siswa tersebut.
Bekerja sama dengan siswa didasari dengan keinginan berkembang dan meningkatkan performa akademis agar siswa bisa mandiri mengerjakan tugasnya. Pelatih akademik yang baik bisa membimbing siswa sampai mereka benar-benar bisa belajar dan memahami sendiri.
Tip tip tutor yang handal, mudah untuk di aplikasikan dalam pelaksanaan bimbingan/arahan untuk menjadikan kualitas tutor yang handal, sebagai berikut :
1.Berdiri dengan bahasa tubuh yang ramah, memulai kelas dengan rasa percaya diri, arti nya dalam proses belajar tutor sebaik nya bergerak (technical teaching mobile), berkelilling dan mendekati meja siswa siswa hanya untuk mengetahui situasi kelas dan siswa siswanya dengan cara mengajar secara lebih dekat dengan siswanya yang akan berdampak aura positip tercermin dari performa fisik tutor, tindak tutur, intonasi dalam komuniksi, dan kehangatan dalam merespon dinamika kelas.
2.Ciptakan perhatian yang tinggi, mengisi proses pembelajaran dengan kreatif untuk menghasilkan respon siswa siswa dengan antusias dan pancing terus agar siswa mampu mengeluarkan pendapat dan menghargai setiap pendapat, sehingga materi pembelajaran dapat dengan mudah memahami materi pembelajaran.
3.Buat Metode, Variasi Mengajar secara efektif dan efisien karena hal ini akan berdampak pengaruh positip terhadap pemahaman subjek pelajarannya, contoh : menciptakan humor diawali dengan rilex, menyanyi, yel yel yang dapat menyemangati para siswa siswa.
4.Memberikan Perhatian, melakukan perhatian keadaan siswa siswa tertentu saja, misalnya siswa yang paling cerdas dan pintar, sering bolos, siswa yang paling cantik sehingga tutor sangat mudah untuk mengenal siswanya.
5.Memberi Penguatan Nilai Pembelajaran, dapat dilakukan dengan cara Tanya jawab, simulasi, role play, presentasi, dan teknik yang dihasilkan dari improvisasi sesuai kebutuhan siswa di kelas.
6.Mengakhiri proses kegiatan belajar yang mengesankan, suatu kesan akhir kegiatan pembelajaran adalah suatu tampilan / performa tutor yang memberi makna tentang manfaat pentingnya pembelajaran yang telah di lalui.
Kesan manfaat dari pembelajaran menjadi prinsip dan menguat dalam diri siswa atau peserta sehingga pasca pembelajaran siswa mampu merelevansikan materi pembelajaran dan realitas yang sebenarnya. Menjadi tutor yang handal adalah profesi yang pekerjaan yang mulia, mengajar, mendidik merupakan proses menebar banyak kebaikan yang berbanding lurus dengan kebaikan pada dirinya dan menjadi tauladan bagi pesertanya. Menjadi orang yang cekatan dengan menunjukkan tingkat ketekunan bisa mempengaruhi reputasi sebagai tutor.
Penulis dosen Universitas Ibnu Khaldun dan Peserta Expert Tutor AR Learning Center
Sumber : http//www.superprof.co.id