KANAL24, Malang – Sarana pendukung Vocafe Teaching Factory milik Fakultas Vokasi UB terus bertambah dengan diresmikannya Vocafe sebagai smart cafe pada Senin (20/2/2023) oleh Rektor Universitas Brawijaya Prof Widodo. Vocafe yang terletak dilantai dua gedung Vokasi Kampus UB Dieng ini merupakan kerjasama antara Fakultas Vokasi UB dengan UB Coffe yang berada dibawah naungan Badan Usaha Non Akademik (BUNA)
Dalam sambutannya Dekan Fakultas Vokasi UB Prof Unti Ludigdo mengatakan keberadaan Vocafe ini merupakan bagian dari Vocafe Teaching Factory yang terdiri dari tiga lini yaitu Smart Cafe, Smart Product dan Smart Branding.
“Vocafe yang diresmikan hari ini merupakan salah satu sarana pendukung Vocafe Teaching Factory untuk mendukung pendidikan dan pengembangan produk mahasiswa Vokasi UB,” kata Unti.
Vocafe merupakan pintu pertama yang dimiliki oleh Fakultas Vokasi untuk memasarkan produk dan hasil karya mahasiswa Vokasi UB. Cafe yang berlokasi di lantai dua ini dapat menjadi meeting point bagi mahasiswa dalam mendiskusikan produk, bertemu dengan pelanggan maupun investor. Dengan penataan cafe yang kekinian Vocafe menjadi tempat yang nyaman sebagai etalase bagi promosi hasil karya mahasiswa Vokasi UB.
Dengan dukungan manajemen operasional dari UB Coffee, Vocafe saat ini menghadirkan berbagai minuman dan makanan yang disukai mahasiswa dengan harga terjangkau yang menjadikan nilai plus dari keberadaannya.
Dalam paparannya Unti menyebut bahwa Vocafe yang bekerjasama dengan BUNA ini akan memiliki produk order tracker, point of sales, cafe finance module,laporan kinerja pegawai, monitoring produksi hingga mentoring service.
“Untuk produk food craving binaan Prodi Manajemen dan Bisnis Jasa Makanan Halal nantinya juga dapat mensuplai makanan dan minuman halal yang memiliki keunikan produk tersendiri,” lanjutnya.
Tidak hanya itu dengan dukungan prodi lainnya maka Vocafe Teaching Factory juga memiliki tim smart branding yang memiliki beragam produk dan layanan dalam bidang marketing dan promosi.
“Ada jasa market analysis, CRM, Integrated Promotion serta Creative Agency Team yang dapat memberikan layanan branding. Ini terintegrasi semua,” papar Unti.
Hal yang sama juga disampaikan oleh Rektor UB Prof Widodo yang berharap keberadaan Vocafe tidak hanya berhenti di dalam kampus namun dengan dukungan sumber daya manusia mahasiswa Fakultas Vokasi dan alumni maka keberadaan Vocafe harus dapat tumbuh berlipat hingga keluar kampus.
“Keberadaaan Vocafe ini sangat bagus karena ini kolaborasi antara Fakultas Vokasi dengan Badan Usaha Kampus. Sekarang dengan daya dukung alumni saya berharap ini bisa bertambah lokasinya sehingga tidak kalah dengan merek lain. Ini seharusnya dapat kiat wujudkan sehingga memberikan dampak yang lebih besar,” pungkas Widodo. (sdk)