Kanal24, Malang – Divisi Pengembangan Usaha dan Pemasaran, Badan Pengelola Usaha Universitas Brawijaya (UB), Malang menggelar workshop bertajuk “Mengasah Sales Strategy untuk Meningkatkan Profit” pada Selasa (20/2/2024). Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan untuk memberikan bekal kepada unit usaha Universitas Brawijaya (UB) agar siap bersaing secara mandiri dalam menghadapi dinamika perubahan perilaku konsumen yang saat ini berubah dengan cepat.
Wakil Direktur Pengembangan Usaha dan Pemasaran, Badan Pengelola Usaha Universitas Brawijaya (BPU-UB) Ir. Purnomo mengungkapkan bahwa terdapat tiga hal yang perlu unit bisnis di lingkungan Universitas Brawijaya kenali terlebih dahulu agar dapat membangun strategi yang tepat dalam menghadapi dinamika di dunia usaha.
Pertama adalah mengenali pelanggan (customer) dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, analisa terkait dengan consumer behavior dalam bisnis itu penting.
“Customer kita itu siapa? Harus ditelisik lebih dalam, dipelajari. Apakah ada consumer behavior yang berubah? Sehingga unit bisnis harus menyesuaikan karena mereka punya kebutuhan yang berbeda. Itu harus diikuti oleh unit bisnis, bahwa customer-nya harus jelas.” terangnya.
Baca Juga : BPU UB Beberkan 6 Skill Tingkatkan Penjualan
Ia juga mengingatkan pentingnya mengenali pergerakan kompetitor dalam dunia usaha. Kesiapan masing-masing unit usaha UB dalam menghadapi dan mengantisipasi pergerakan kompetitor merupakan hal kedua yang penting untuk diperhatikan.
“Mungkin di lingkungan UB tidak begitu banyak (pesaing) tapi nanti dari luar melihat UB ini adalah pasar yang besar, mereka (pesaing) akan masuk. Nah sedangkan jika kita tidak siap maka juga berat. Pesaing juga harus diikuti, movement-nya, memang itu tidak bisa dihindari. Maka harus tahu selain customer-nya siapa, pesaingnya siapa.” jelasnya.
Purnomo juga mengingatkan sebagai Universitas yang berstatus PTNBH, maka ia mendorong agar setiap unit usaha di lingkungan UB untuk cepat beradaptasi terhadap perubahan itu dengan cara menjalankan kegiatan usaha dengan lebih mandiri dan profresional.
Oleh karena itu, Purnomo mengajak setiap unit usaha di lingkungan UB untuk membangun strategi yang berfokus pada kualitas produk, kualitas pelayanan, persaingan harga, serta promosi dan publikasi.
“Dengan keterbatasannya, apa yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan benefit unit bisnis kepada publik. Itu tantangan dalam menjaga kualitas produk dan layanan. Menentukan harga juga harus detail mulai dari bahan baku hingga produksi. Kalau itu diketahui, nanti akan tahu sebenarnya berapa margin keuntungan yang diambil oleh setiap unit bisnis. Terakhir, kalau mau promosi low budget, high impact ya lewat sosmed tapi jangan asal-asalan. Kalau ingin branding above the line kita punya UB Media tapi tetap perhatikan cost-nya.” terangnya.
Purnomo optimis bahwa dengan komitmen dan pembinaan yang konsisten, unit usaha di lingkungan UB akan semakin tumbuh, tangguh, dan berkembang pesat.
“Saya mengharapkan bahwa teman-teman yang mendengarkan dan ikut sharing dari saya ini, maka mereka merenungkan kembali di unit masing-masing dan mengajak bicara pimpinannya atau teamnya mana yang bisa dilakukan perbaikan, mana yang kita harus melakukan inovasi, mana yang perlu ditingkatkan, kemudian fokus mana yang bisa dikembangkan. Saya kira saya optimis bahwa perubahan itu akan cepat terjadi dengan cara itu.” pungkasnya.
Kegiatan “Mengasah Sales Strategy untuk Meningkatkan Profit” diikuti oleh 27 peserta perwakilan dari masing-masing unit usaha di lingkungan Universitas Brawijaya yang terdiri atas unit usaha di BPU maupun BMU. Kegiatan ini berlangsung secara hybrid dimulai dengan Online Meeting dan dilanjutkan dengan diskusi antara masing-masing unit usaha bersama Divisi Pengembangan Usaha dan Pemasaran UB secara luring. (din)