Kanal24,Malang – Telkomsel menyelenggarakan program Corporate Social Responsibility (CSR) bertajuk Indonesia NEXT Season 8 dengan fokus pada pengembangan generasi muda technopreneur. Kali ini, program yang mengusung tema #upskilltoinnovate ini digelar di Universitas Brawijaya (UB), Rabu (29/05/2024).
Sebelumnya Telkomsel telah melakukan rangkaian roadshow Indonesia NEXT di berbagai universitas ternama, termasuk Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS Surabaya), Universitas Gadjah Mada (UGM Yogyakarta), Institut Teknologi Bandung (ITB Bandung), dan terakhir di UB.
Acara yang diselenggarakan di Ruang Auditorium Lantai 2 Fakultas Ilmu Komputer (Filkom) UB ini dihadiri oleh General Manager CSR Telkomsel, General Manager Inovasi Perusahaan Telkomsel, General Manager Consumer Business Telkomsel Region Jawa Timur, dan Manager CSR Pendidikan dan Pengembangan Komunitas Publik Telkomsel serta mahasiswa UB sebagai peserta.
Program ini sejalan dengan komitmen Telkomsel dalam menciptakan dampak sosial positif melalui pemberdayaan masyarakat, dan selaras dengan proses bisnis berkelanjutan perusahaan yang mengedepankan prinsip Environmental, Social, and Governance (ESG).
“Event Indonesia NEXT merupakan program inisiasi CSR dari Telkomsel untuk membina talenta digital muda agar bisa memasuki industri teknologi di masa depan digital. Karena berdasarkan data dari Kominfo Indonesia masih kekurangan 9 juta talenta muda untuk industri teknologi di tahun 2030 nanti dan dari lulusan ilmu komputer itu hanya 16% yang kemudian memasuki dunia kerja di bidang developer ataupun konten kreator,” ujar Kuntum Wahyudi selaku GM Consumer Business Telkomsel Region Jawa Timur.
Pada penyelenggaraan Tahun ke-8, Indonesia NEXT menghadirkan berbagai pembaruan, termasuk sertifikasi dan modul berbasis teknologi yang lebih spesifik, Bootcamp intensif, serta kolaborasi dengan alumni program impact Startup Incubator Telkomsel NextDev sebagai mentor, Kuncie untuk pengembangan kurikulum dan sertifikasi, serta Akademi Ilmuwan Muda Indonesia (ALMI) untuk keselarasan dengan kebutuhan industri digital saat ini.
General Manager CSR Telkomsel, Andry P Santoso menjelaskan bahwa tujuan program ini adalah menyiapkan talent digital yang siap berperan memberikan andil terhadap perekonomian Indonesia.
“Mereka bisa untuk menjadi talent yang siap dalam hal pengembangan digital khususnya karena di program ini kita memberikan berbagai kurikulum yang berkaitan dengan para mahasiswa bisa berperan aktif untuk kedepannya ikut dalam industri digital Indonesia seperti menjadi startup.”
Andry menambahkan bahwa Telkomsel berkomitmen untuk berperan aktif membantu program pemerintah dalam hal penyediaan talenta digital. Ia melihat di Indonesia masih kekurangan talenta digital dalam menyongsong tahun emas di 2045.
“Kami disini ingin memberikan status semacam literasi digital untuk bisa berpartisipasi dalam program Indonesia NEXT dan menjadi bagian dari digital ekosistem di indonesia,” ujarnya.
Andry juga menyampaikan harapannya agar program ini terus berkembang dan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan Indonesia. Ia mengajak semua pihak untuk berperan aktif dalam perkembangan digital di Indonesia menuju tahun emas 2045. (lun)