Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

BELAJAR PELAYANAN PRIMA DARI NABI IBRAHIM

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 4, 2023
in Ekonomi
0
12
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

oleh  | Akhmad Muwafik Saleh

Pada suatu kesempatan Nabi Ibrahim kedatangan tiga orang tamu, anak muda yang ganteng, gagah dan berwibawa yang ternyata ketiganya adalah malaikat yaitu malaikat Jibril, malaikat Mikail dan Malaikat Israfil yang menyerupai manusia untuk memenuhi perintah Allah menyampaikan berita gembira kepada Nabi Ibrahim berupa kelahiran seorang anak dari rahim Sayyidatina Sarah yang sudah berumur lanjut yang kelak akan lahir Nabi Ishaq dan lahir pula cucu yaitu Nabi Ya’qub bapak dari Nabi Yusuf. Kisah tentang tamu ini diabadikan dalam alQuran surat adz Dzariyat ayat 24. Disebutkan :

هَلۡ أَتَىٰكَ حَدِيثُ ضَيۡفِ إِبۡرَٰهِيمَ ٱلۡمُكۡرَمِينَ

Sudahkah sampai kepadamu (Muhammad) cerita tamu Ibrahim (malaikat-malaikat) yang dimuliakan? ( Adz-Dzariyat, Ayat 24)

Dalam surat adz Dzariyat ayat 24-27 dengan  sangat indah menjelaskan adab dalam menjamu dan menerima menghormati tamu (publik). Hal ini memberikan pelajaran atas pentingnya pelayanan prima terhadap para masyarakat sebagai objek layanan diperlakukan selayaknya “tamu (guest)” yang harus dimuliakan. Bahkan memuliakan Tamu adalah bagian integral dari keimanan. Sebagaimana sabda nabi  :

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيَقُلْ خَيْراً أًوْ لِيَصْمُتْ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَاْليَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ جَارَهُ، وَمَنْ كَانَ يُؤْمِنُ بِاللهِ وَالْيَوْمِ الآخِرِ فَلْيُكْرِمْ ضَيْفَهُ. (رواه البخاري ومسلم)

Dari Abu Hurairah radhiallahuanhu, sesungguhnya Rasulullah shallallahu`alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia berkata baik atau diam, siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah dia menghormati tetangganya dan barangsiapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaklah dia memuliakan tamunya” (Riwayat Bukhari dan Muslim)

Pelajaran yang dapat di petik dari kisah Ibrahim dan tamunya dalam surat ad dzariyat ayat 24-27 memberikan suatu pesan komunikasi pelayanan publik, sebagaimana berikut. Antara lain  :

1. Memberikan perhormatan awal melalui greeting dan salam penerimaan yang dapat membuat publik senang dan merasa tersanjung dengan penghormatan itu. Hal demikian disebutkan dalam al Quran: 

 إِذۡ دَخَلُواْ عَلَيۡهِ فَقَالُواْ سَلَٰمٗاۖ قَالَ سَلَٰمٞ قَوۡمٞ مُّنكَرُونَ

(Ingatlah) ketika mereka masuk ke tempatnya lalu mengucapkan, “Salaman” (salam), Ibrahim menjawab, “Salamun” (salam). (Mereka itu) orang-orang yang belum dikenalnya. (QS. Adz-Dzariyat, Ayat 25)

Ayat ini memberikan sebuah informasi sekaligus kerangka adab dan kesantunan dalam berkomunikasi layanan, yaitu bahwa perlu adanya greeting berupa salam pembuka yang dapat membuat publik yang dilayani merasa tersanjung karena mendapatkan sambutan yang hangat dan terhormat.

2.  Memberikan pelayanan haruslah memenuhi unsur kecepatan dalam layanan. Hal ini yang dilakukan oleh Nabi Ibrahim saat meminta kepada istrinya (sy. Sarah) untuk menyiapkan makanan terenak secara cepat. Hal demikian diabadikan oleh Allah dalam ayat berikut :

فَرَاغَ إِلَىٰٓ أَهۡلِهِۦ فَجَآءَ بِعِجۡلٖ سَمِينٖ

Maka diam-diam dia (Ibrahim) pergi menemui keluarganya, kemudian dibawanya daging anak sapi gemuk (yang dibakar), (QS. Adz-Dzariyat, Ayat 26)

Dalam memberikan pelayanan atas “tamu (guest)” yaitu masyarakat layanan haruslah memberikan suguhan yang terbaik. Sebagaimana dilakukan oleh Nabi Ibrahim dengan meminta kepada istrinya untuk menyiapkan suguhan terbaik berupa anak sapi atau sapi guling bakar yang dipilihkan dari sapi yang gemuk terbaik. Sebagaimana disebutkan dalam ayat 26  tersebut di atas. Suguhan terbaik dalam konteks pelayanan bisa jadi adalah tempat, sikap penerimaan, suasana dan konsumsi. Yang dimaksud tempat adalah mulai dari pintu masuk yang terpampang jelas nama dan branding kantor atau institusi layanan, tempat parkir, penunjuk arah, alur layanan, ruang tunggu, tempat duduk, yang kesemuanya haruslah mampu membuat nyaman bagi masyarakat yang membutuhkan layanan. Termasuk dalam kenyamanan tempat adalah warna gedung yang membuat suasana lebih rileks, santai dan damai, desain interior yang membuat para pengunjung atau para tamu merasa nyaman, elsklusif dan rapi indah sehingga terkesan homely (selayaknya rumah sendiri). Alur pelayanan dapat diakses dengan mudah, memudahkan dan mempercepat proses layanan. Selanjutnya adalah sikap layanan dari para petugas layanan yang dirasakan nyaman, friendly (bersahabat), terasa dekat, terbuka dan melayani.

3.  Dalam pelayanan maka selayaknya petugas layanan atau institusi pemberi layanan perlu mengetahui kebutuhan dan keinginan dasar yang diharapkan oleh publik penerima layanan. Hal ini disebutkan dalam FirmanNya  :

فَقَرَّبَهُۥٓ إِلَيۡهِمۡ قَالَ أَلَا تَأۡكُلُونَ

lalu dihidangkannya kepada mereka (tetapi mereka tidak mau makan). Ibrahim berkata, “Mengapa tidak kamu makan.” (QS. Adz-Dzariyat, Ayat 27)

Dijelaskan pula dalam tafsir ayat tersebut oleh ibnu katsir bahwa tidak selayaknya seorang tuan rumah bertanya mau makan atau minumn apa kepada tamunya. Melainkan tuan rumah harus mengerti (mengenali dengan empati) atas tamunya kemudian memberikan suguhan terbaiknya. Hal ini memberikan pengertian bahwa pemberi layanan haruslah mengetahui kebutuhan dasar dari publik terlebih dahulu sebelum memberikan layanan. Hal demikian sebagai bukti empati dan peduli terhadap masyarakat penerima layanan sehingga pelayanan yang diberikan benar-benar sesuai kebutuhan dan dapat memenuhi ekspektasi mereka yang akan membuat mereka puas atas layanan hingga kemudian bersedia loyal.

Penulis KH Akhmad Muwafik Saleh Pengasuh Pesma Tanwirul Afkar dan Dosen FISIP UB

Post Views: 251
Previous Post

Mahasiswa FEB UB dan Jepang Adu Kreatif Ide Bisnis

Next Post

Tech Corner Indo Premier: IHSG di Target Kenaikan 5.920-5.950

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

Tech Corner Indo Premier: IHSG di Target Kenaikan 5.920-5.950

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
Ramai Pajak UMKM, Ini Penjelasan Ahli Hukum Pajak UB

Ramai Pajak UMKM, Ini Penjelasan Ahli Hukum Pajak UB

June 20, 2025
Perang Iran-Israel Picu Krisis Energi Global

Perang Iran-Israel Picu Krisis Energi Global

June 20, 2025
Investasi Asing ke Indonesia Tumbuh Terbatas

Investasi Asing ke Indonesia Tumbuh Terbatas

June 20, 2025
J&T Express Gandeng BNN Perkuat Pengawasan Berantas Narkoba

J&T Express Gandeng BNN Perkuat Pengawasan Berantas Narkoba

June 20, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023