KANAL24, Jakarta – Guna menekan penyebaran virus Covid-19 dan mempermudah layanan kepada nasabah, PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) melayani pembukaan rekening secara online.
Untuk memiliki rekening baru, calon nasabah tak perlu mengunduh aplikasi apapun. Hanya perlu menuju laman www.join.bankmandiri.co.id guna memulai proses pembukaan Tabungan NOW.
Setelah itu, calon nasabah melakukan verifikasi data dengan melengkapi data yang sudah dimasukkan. Kemudian, petugas Bank Mandiri (BMRI) akan melakukan verifikasi melalui panggilan video. Terakhir, calon nasabah diminta membubuhkan tanda tangan digital.
Jika seluruh proses sudah dilakukan, nasabah tinggal menunggu kartu debitnya tiba di tujuan. Aktivasi kartu debit dan fitur perbankan Bank Mandiri bisa langsung dilakukan saat kartu tersebut tiba. Nasabah yang membuka Tabungan NOW juga bisa mendapatkan berbagai bonus seperti voucher, diamonds di game Mobile Legends, dan lainnya.
“Prosesnya cepat daripada nasabah harus ke cabang, mengantri, isi formulir, dijelaskan produk segala macam. Nah, dengan ini calon nasabah bisa membuka rekening baru dalam waktu sekitar 10 menit. Pembukaan rekening dilakukan dengan mudah, cepat dan aman” ujar Oki Daniar, VP of Research And Development System Solution Department BMRI, di Jakarta, Senin (21/9/2020).
Menurut Oki, layanan pembukaan rekening on-boarding ini sebenarnya sudah bisa diakses masyarakat sejak awal tahun. Akan tetapi, sejak pandemi Covid-19, akses layanan ini terus meningkat. Saat ini, rata-rata sekitar 3.000 rekening baru per hari yang dibuka Bank Mandiri melalui layanan daring.
Jumlah rekening baru yang sudah diproses layanan baru Bank Mandiri hingga sekarang mencapai lebih dari 200 ribu rekening atau sekitar 20 persen dari total pembukaan rekening baru tabungan reguler yang dibuka sepanjang tahun ini.
Layanan on-boarding ini disediakan perseroan untuk menjawab kebutuhan masyarakat akan layanan perbankan yang efektif, efisien, dan sesuai perkembangan jaman. Program ini juga muncul untuk memperluas cakupan layanan Bank Mandiri, agar semakin banyak masyarakat Indonesia yang bisa menggunakan jasa lembaga perbankan (bankable).
“Masih banyak masyarakat yang tinggal di daerah jauh dari layanan perbankan. Ini adalah solusi untuk menjawab kebutuhan mereka. Buktinya kemarin ada cerita dari Pulau Weh, ada nasabah mencoba buka rekening online dan ini bisa dilakukan,” ujar Wildan Pratama, AVP Digital Online Onboarding PT Bank Mandiri (Tbk) menceritakan testimoni nasabah.
Ke depan, diharapkan layanan buka rekening daring bisa menjadi pilihan utama masyarakat saat hendak membuka tabungan di Bank Mandiri.
“Bank Mandiri akan terus menawarkan berbagai variasi dan inovasi lain untuk masyarakat. Stabilitas dan keamanan sistem juga kami pastikan agar nasabah tak perlu khawatir akan data-datanya,” pungkasnya. (sdk)