KANAL24, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) dinobatkan menjadi merek bank paling bernilai di Indonesia berdasarkan riset yang diterbitkan oleh Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands. BRI masuk dalam deretan perusahaan unggul dengan brand rating Triple A (AAA).
Setidaknya terdapat 8 perusahaan (seluruh industri) yang memiliki nilai merek ( brand value ) diatas USD1 miliar, dan BRI menempati peringkat 2 dengan valuasi merek mencapai USD3,09 miliar atau setara Rp44,8 triliun (asumsi kurs Rp14.500 per dolar Amerika Serikat).
“Khusus di Industri perbankan nasional, BRI memimpin dengan nilai tertinggi,” kataDirektur Utama BRI Sunarso,Senin (14/2/2022).
Brand Finance menetapkan peringkat suatu perusahaan melalui tinjauan transaksi riil yang digunakan oleh pengguna merek di seluruh dunia. Untuk menentukan brand valuation , sebuah perusahaan akan diukur brand impact, brand earnings (forecast revenues), dan brand valuenya.
Aspek ini juga dihubungkan dengan reputasi merek yang diperoleh perusahaan. Maka ketika suatu perusahaan yang mendapat predikat most valuable dan strongest band dapat dilihat dari ukuran persepsi publik dan pengaruhnya terhadap permintaan pasar. Acara Brand Finance Indonesia Top 100 Most Valuable Brands digelar oleh Majalah Investor dan Brand Finance.
Menurut Sunarso, penghargaan ini menjadi bentuk apresiasi atas keberhasilan BRI dalam membangun transformasi bisnis. “BRI berhasil menjadi merek utama di industri perbankan yang melekat di masyarakat. Ini bukti dari keberhasilan perseroan dalam memberikan layanan prima kepada masyarakat luas,” ungkap Sunarso.(sdk)