KANAL24, Jakarta – Bidik belanja digital dan IT pada 2021, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) Rp3,5 triliun.
Menurut Corporate Secretary BBRI, Aestika Oryza Gunarto, perseroan menyiapkan 3-4 persen dari total revenue untuk melakukan transformasi digital, termasuk membangun kapabilitas fintech. Pada tahun ini, capex digital dan IT mencapai Rp3,5 triliun.
“Pengembangan digital perseroan pada tahun ini fokus pada super apps BRImo dan micropayment melalui pasar.id,” jelasnya Rabu (13/1/2021).
Aestika juga menyebutkan peningkatan jasa layanan digital banking bertujuan untuk menjawab kebutuhan pasar di tengah pandemi.
Adapun, BRImo merupakan aplikasi digital banking BRI, sedangkan pasar.id merupalan platform yang menghubungkan penjual dan pembeli di pasar tradisional secara digital.
BRI optimistis menyambut datangnya tahun 2021 meskipun kondisi ekonomi dunia masih penuh dengan ketidakpastian akibat pandemi yang tengah terjadi.
Sebelumnya, Direktur Utama BBRI Sunarso mengatakan pihaknya yakin pada tahun ini kinerja perseroan akan lebih baik dibandingkan dengan tahun lalu.
“Tahun 2021 mood-nya masih krisis, namun saya optimistis kinerja BRI akan lebih baik dibandingkan dengan 2020. Tahun ini kami fokus untuk menyelamatkan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) melalui restrukturisasi dan penyaluran stimulus pemerintah, dan untuk 2021 kami akan membangkitkan UMKM untuk menggerakkan kembali roda perekonomian nasional,” ujarnya. (sdk)