KANAL24, Jakarta – PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI) didapuk sebagai peritel dengan posisi terbaik di kelompok emiten ritel yang dipantau Indo Premier Sekuritas. Saham perseroan mantap di rekomendasi Buy dengan target harga Rp1.300, yang mengimplikasikan 16 kali nilai P/E 2020.
Dalam paparan risetnya, Kamis (19/9), Tim Analis Indo Premier Sekuritas menyatakan bahwa
MAPI memiliki target pasar yang solid dengan posisi merek yang kuat, sehingga perseroan diyakini akan mampu mendongkrak pertumbuhan rata-rata penjualan tiap toko (same store sales growth/SSSG) hingga 4% pada tahun ini (FY19F), dengan catatan semester I 2019/1H19 di angka 3%.
Catatan baik penjualan MAPI ditopang konsumen kelas atas yang berdaya beli kuat. Bahkan, selama periode daya beli yang lemah belakangan ini, SSSG MAPI cenderung tak terpengaruh jika dibandingkan dengan peritel lain. Manajemen optimistis bahwa perseroan akan memenuhi target SSSG 5% untuk 2019 (FY19F).
“Namun, kami lebih konservatif dengan perkiraan pertumbuhan SSSG 4% untuk FY19F, masih terbilang meningkat jika melihat pada 1H19 SSSG sebesar 3%, terutama karena peningkatan di divisi mode terutama karena normalisasi SSSG 1H18 berbasis tinggi di Vietnam,” ungkap Tim Analis.
Selain itu, marjin EBIT toko-toko khusus milik perseroan juga meningkat sebesar 260 basis poin (bps) secara tahunan (yoy) pada 1H19 menjadi 11,3% (1H18: 8,7%), yang terutama dapat dikaitkan dengan produk sell-through yang lebih tinggi, baik di divisi aktif maupun di beberapa usaha mode (seperti Zara dan merek Inditex lainnya), yang meningkatkan marjin laba kotor (GPM).
Bisnis baru: Zara Online, Digimap, dan outlet kecantikan Korea
Zara Indonesia, yang Tim Analis perkirakan berkontribusi 10% terhadap total penjualan MAPI, telah meluncurkan situs dan aplikasi mobile pada 2Q19. Harga eceran identik baik untuk online maupun di toko, dan Tim Analis memperkirakan inovasi ini akan menarik pembeli dari luar Jawa, mengingat saat ini Zara hanya ada di 6 kota besar di Indonesia.
MAPImenargetkan Zara Online menyumbang 7% dari penjualan Zara, mirip dengan yang mereka luncurkan awal tahun lalu di Vietnam. Selain itu, MAPI baru-baru ini memasuki bisnis reselling Apple dan berencana untuk meluncurkan beberapa outlet kecantikan Korea, mungkin pada tahun 2020.
Dengan pertumbuhan laba bersih inti 18,2% pada FY19F, MAPI adalah perusahaan konsumen dengan pertumbuhan tercepat di bawah cakupan Indo Premier.
“Posisi yang kuat dan ekuitas mereknya juga membuat perseroan cukup tangguh dari faktor makro yang tidak menguntungkan, membuat nilai P/E 15,5 12 bulan ke depan mudah digapai.
Kami rekomendasikan saham MAPI di rating Buy dan target harga TP berbasis SOTP Rp1.300 yang menyiratkan P/E 16x 2020F,” papar Tim Analis. (sdk)