Serunya Menjelajah Wisata Kebun Kopi Karanganyar Blitar

KANAL24 -2019-06-30, 07:00:00 WIB 1902 kali

Gedung Kantor Perkebunan Kopi Karanganyar (sidik kanal24)

KANAL24, Blitar - Menyeruput segelas kopi dan menikmati sensasinya, sepertinya sudah menjadi hal yang biasa. Namun, bagaimana dengan menikmati proses pembuatan kopi sambil berwisata di perkebunan kopi yang sangat luas? Selain memanjakan mata dengan pemandangan perkebunan, banyak pengalaman yang dapat kita temui.

Hal tersebut dapat anda temui di Wisata Kebun Kopi Karang Anyar. Selain melihat pemandangan mengenai produkasi kopi dari mulai proses pembuatan hingga produk yang telah siap dikonsumsi, beberapa objek wisata juga dapat kita temukan di sana.

Perkebunan kopi Karanganyar berada di dusun karanganya, desa modangan, Nglegok, Kabupaten Blitar. Letaknya tidak sulit untuk dijangkau pengunjung bahkan bagi pengunjung yang menggunakan bis untuk berwisata bersama. Perkebunan ini dikelola oleh pihak Swasta PT. Harta mulia, dengan luas sekitar 300.000 Ha. 

Ketika saya dan rombongan Badan Usaha Akademik (BUA) berkunjung ke perkebunan, kami disambut ramah oleh  Herry  Noegroho selaku komisaris Kebun Kopi Karanganyar. Beliau menyampaikan bahwa kebun kopi ini awalnya adalah milik belanda, kemudian beralih kepemilikan menjadi milik pihak swasta dan dikelola oleh beliau dan keluarga.

“Iya, jadi dulunya ini adalah perkebunan belanda yang full perkebunannya adalah perkebunan kopi, jadi bangunan-bangunan ini banyak bangunan yang masih asli,” kata Herry Noegroho.

Dirut BUA Herman Suryokumoro berbincang dengan Komisari Kebun Kopi Karanganyar Herry Noegroho (sidik kanal24)

Tempat wisata kebun kopi karanganyar, menjadi salah satu wisata yang cukup disoroti di daerah blitar. karena, selain menyuguhkan pemandangan asri dari perkebunan kopi, wisata ini juga memberikan fasilitas dengan banyak objek wisata yang dapat anda kunjungi.  

Ada empat museum yang bisa dikunjungi di kebun kopi ini yaitu:

Rumah Lodji
Rumah Lodji terletak di samping kantor kebun kopi. Rumah bergaya Belanda ini masih asli berisi peralatan rumah seperti sofa, meja, meja makan dan foto-foto dari jaman Belanda. Foto keluarga pemilik kebun hingga foto para bupati Blitar dari pertama.

Museum Purna Bakti
Museum ini merupakan ruang kerja bupati Herry Noegroho selaku mantan bupati 2006-2016, yang berisi cindera mata, penghargaan, foto-foto dan kenangan  Herry selama beliau menjadi bupati.  

Museum Pusaka dan Blitaran.  Museum pusaka berada tepat dibelakang museum purna bakti, museum ini menyuguhkan berbagai pusaka khususnya keris-keris antik, memasuki ruangan ini seperti mendapatkan hawa mistik dari berbagai benda yang ada di dalamnya. Tiap benda yang dipajangan memiliki sejarah dan deskripsi masing-masing.

Selain itu, juga ada bangunan dengan arsitektur belanda yang dapat dinikmati oleh pengunjung dan juga pabrik kopi yang tidak kalah asik dari museum-museum tersebut. 

Salah satu lukisan di museum Blitaran (sidik kanal24)

Di area pabrik kopi, anda bisa melihat kopi-kopi yang diproses dari mulai penjemuran, sampai pembakaran. Di dalam pabrik juga ada caffe yang dapat dikunjungi untuk merasakan cita rasa kopi yang sudah dibuat. kita juga dapat langsung membeli oleh-oleh kopi dari berbagai daerah sesuai dengan selera. 

Tak kalah menarik, di perkebunan ini juga ada paket edukasi kopi, para pengunjung dapat mempelajari sejarah, proses pembuatan, dan segala hal yang berkaitan dengan kopi hanya dengan memesan paket edukasi kopi di wisata kebun kopi karanganyar. Banyak wisatawan luar negeri yang telah menjajal agenda wisata ini.

“Kalau memang mau paket edukasi itu harus booking dulu ya, karena memang harus kita persiapkan. Karena di sini kan memang ada paket edukasi kopi dan bahkan ada kelas barista.”

Menggabungkan wisata dengan edukasi tentu menjadi pengalaman yang cukup menarik bagi pengunjung. Selain mendapatkan pelajaran, pengunjung juga dapat banyak moment yang bisa diabadikan di tempat ini, selain karena tempat yang nyaman, lokasi kebun kopi ini juga sangat instagramable untuk berswafoto maupun foto bersama. 

Selain itu, fasilitas lengkap dari kebun kopi ini ternyata juga memanjakan pengunjung.
“untuk wisata sendiri, di sini ada penginapan, ada resto dan caffe, dan kita juga punya kendaraan untuk adventure, seperti jeep gitu,”  kata Wima Direktur utama kebun kopi karanganyar.

Untuk oleh-oleh, selain produk kopi kalian juga bisa mampir ke SouvenirWinkel yang letaknya tidak jauh dari greenhouse. Beberapa barang unik dengan nuansa belanda dapat anda temukan di sana. (aul).

 

kanal24.co.id kebun kopi Karanganyar wisata Blitar
Popular

KANAL24 - 2020-05-03 30438 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2019-07-04 23825 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2020-02-27 22989 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-08-14 17010 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka