Tujuh Cara Strategi Selamatkan Garuda Indonesia

KANAL24 -2021-06-04, 12:00:00 WIB 78 kali

Ilustrasi Garuda Indonesia (giia)

KANAL24, Jakarta - Pengamat industri penerbangan, Hendra Soemanto mengaku, sebelum maskapai BUMN ini benar-benar ambruk, dia meminta pemerintah melakukan bedah total operasional, melakukan  conceptual review , dan membangun tata kelola yang transparan dari seluruh jajaran manajemen, dewan komisaris, dan jajaran direksi.

Hendra Soemanto, berpandangan ada tujuh langkah strategis yang bisa dilakukan pemerintah untuk menyelamatkan Garuda Indonesia. Pertama dengan merestrukturisasi organisasi dan merampingkan struktur organisasi, biaya, dan me- review  aset yang dimiliki. Kedua dengan mengoptimalisasikan  resources  yang tersedia seperti SDM dan  aircraft operation .

Ketiga, lanjut Hendra, melakukan analisis  value chain  dan semua kegiatan internal perusahaan dengan tujuan untuk mengurangi biaya-biaya yang tidak perlu. Keempat, meningkatkan  strategi marketing  atau promosi. Kelima, melakukan analisis  brand positioning  yang diikuti oleh proses  review  terhadap rute penerbangan dan penetapan harga tiket.

Keenam, dengan menganalisis  market outlook  dan mengambil langkah-langkah strategis yang inovatif untuk meraih peluang  market  tersebut. Ketujuh adalah meningkatkan  product quality, services , dan  safety .

"Strategi pengelolaan organisasi tersebut tentunya harus dilakukan oleh  people management  yang mumpuni, berakhlak, mempunyai integritas tinggi, dan mampu mengedepankan kepentingan untuk memajukan perusahaan tentunya dengan dukungan dari pemerintah dan juga internal  stakeholder , yaitu karyawan," kata Hendra, Kamis (3/6/2021).

Terkait penawaran pensiun dini bagi karyawan, pria lulusan California State University Fresno ini berharap agar dapat dikaji ulang. Meski saat ini  cashflow  perusahaan sedang tidak baik, namun sebagai perusahaan yang memiliki banyak prestasi ini harus menganggap SDM sebagai  capital  atau  asset .

"Tentu tidak mudah bagi sebuah perusahaan mencari dan mencetak SDM yang unggul yang dimiliki Garuda Indonesia saat ini," ujarnya.

Hendra menyarankan agar manajemen melakukan restrukturisasi pinjaman dan melakukan renegosiasi kepada para  lessor  terkait dengan jatuh tempo utang agar  cashflow  perusahaan bisa berjalan dengan baik. Hal ini pernah dilakukan oleh Robby Djohan sebagai pimpinan Garuda Indonesia pada masanya.(sdk)

Popular

KANAL24 - 2020-05-03 30437 kali

COVID-19 DAN FITNAH AKHIR ZAMAN

KANAL24 - 2019-07-04 23823 kali

Tujuh Istilah Populer Dalam Tinju

KANAL24 - 2020-02-27 22989 kali

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

KANAL24 - 2019-08-14 17007 kali

Kenali 10 Istilah Dalam Pramuka