Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

Marketing Motor Penggerak Perusahaan

Adam Kukuh Kurniawan by Adam Kukuh Kurniawan
August 5, 2023
in Ekonomi
0
11
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

Oleh: Sri Juminawati 

Dalam sebuah perusahaan memiliki beberapa aspek manajemen mulai dari keuangan, sumberdaya manusia hingga pemasaran atau marketing. 

Secara sederhana marketing adalah suatu sistem untuk melakukan kegiatan pemasaran secara keseluruhan mulai dari Perencanaan Produk (Prod. Plan), Penetapan Harga(Pricing), Promotion  hingga merancang Strategi Distribusi Produk untuk memuaskan para konsumen.

Sehingga dapat dikatakan  marketing adalah salah satu kegiatan yang paling penting dalam perusahaan. Marketing merupakan motor dari laju sebuah perusahaan.

Sebagai penggerak roda perusahaan untuk mendapatkan pemasukan dan mengelola pelanggan marketing memiliki dua  fungsi strategis yaitu fungsi promosi dan fungsi perantara. 

Fungsi Promosi atau mengenalkan produk dan jasa dapat dilakukan dengan menggunakan media yang tepat sesuaikan dengan segmentasi produk yang dipilih. 

Penggunaan media yang tepat mbuat promosi dapat berjalan dengan efektif dan tepat sasaran sehingga dari sisi pembiayaan dapat dapat terkelola dengan baik.

Sebagai contoh jika produk yang kita promosikan adalah otomotif maka media promosi seperti media cetak, elektronik dan online yang memiliki segmen otomotif dapat dijadikan sarananya. Begitupula dengan influencer, youtuber atau tokoh yang bergelut di bidang otomotif dapat dijadikan endoser produk.

Selain promosi melalui media, dapat pula melalui event yang sesuai dengan produk. Dalam contoh seperti diatas maka event pameran otomotif, kegiatan komunitas otomotif dapat menjadi media pemasaran yang efektif.

Fungsi kedua sebagai perantara dari perusahaan kepada konsumen melalui marketer. Pelaku pemasaran atau disebut dengan marketer metusjan sosok penting yang menjadi jembatan komunikasi antara produk atau jasa dengan konsumen

Marketer merupakan wajah yang mewakili perusahaan dengan produk dan jasa yang dijual sehingga peran marketer selain menjadi perantara juga menjadi mediator dan personal branding dari produk yang dijual.

Pemasar melakukan kegiatan dari pengumpulan informasi, pengenalan produk hingga memilih event maupun komunitas yang sesuai dengan segmentasi produk perusahaan.

Dari sini kemudian tergambarkan dengan jelas tugas seorang marketer sebagai pihak yang berhubungan dengan konsumen dan mewakili wajah produk perusahaan, yakni :

1. Sebagai orang yang pertama kali mengenalkan produk yang dimiliki perusahaan kepada masyarakat, terutama pada produk-produk baru yang membutuhkan banyak promosi.

2. Bertugas menjadi orang yang menjualkan produk perusahaan kepada konsumen sehingga perusahaan mendapatkan keuntungan dari setiap produk yang terjual.

3. Bertugas untuk mencari informasi dan menyampaikannya kepada perusahaan mengenai kelebihan dan kekurangan dari sebuah produk yang dijual.

4. Bertugas menjalin hubungan baik antara perusahaan dengan konsumen.
Bertugas menjadi penghubung antara perusahaan dengan lingkungan sekitar.

Dalam era persaingan yang makin ketat ini marketing juga memiliki peran untuk menjaga pelanggan agar memiliki kesetiaan terhadap produk yang kita promosikan. Untuk itu dalam marketing juga dikenal brand atau merek sebagai salah satu senjata dalam menjaga loyalitas pelanggan.

Maka dalam hal ini marketing memiliki peran :

1. Meningkatkan Kesadaran Brand
Sangat penting membuat orang mengenal brand Anda, produk atau layanan yang disediakan, selain itu juga membuat kesan bagi pelanggan dapat mulai mempercayai merek Anda, menjadi nasabah/pelanggan/klien setia, dan memperluas jaringan.

2. Meningkatkan Traffic
Meningkatkan jumlah pengunjung ke situs Anda untuk mendapatkan lebih banyak prospek berkualitas dan yang berdampak  meningkatkan penjualan. 

3. Meningkatkan Omset
Untuk meningkatkan penjualan, omzet dan  membantu mencapai tujuan dengan melalui berbagai strategi seperti mengoptimalkan situs web dan SEO, Brand image,  membuat kampanye email, melakukan pengujian alternatif A sd Z untuk menentukan strategi terbaik. 

4. Membangun Kepercayaan pada Brand yang kita miliki

Dengan memahami peran dan fungsi marketing.

Penulis :pengajar di FE Ibnu Khaldun Bogor dan sedang menempuh S3 Perbankan Syariah di UIN Jakarta

Post Views: 13,624
Previous Post

IKA UB Kerahkan Berbagai Potensi untuk Percepatan Vaksinasi

Next Post

FIA UB Miliki 10 Prodi Unggulan

Adam Kukuh Kurniawan

Adam Kukuh Kurniawan

Next Post

FIA UB Miliki 10 Prodi Unggulan

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
Partisipasi Pemilih Pildek FT UB Capai 96%, Prof. Hadi Suyono Unggul

Partisipasi Pemilih Pildek FT UB Capai 96%, Prof. Hadi Suyono Unggul

May 9, 2025
Menurut Pakar UB, Drainase Malang Perlu Revolusi

Menurut Pakar UB, Drainase Malang Perlu Revolusi

May 9, 2025
OJK Dorong Mahasiswa Jadi Cerdas Finansial

OJK Dorong Mahasiswa Jadi Cerdas Finansial

May 9, 2025
Investasi Jepang di Indonesia Naik Drastis

Investasi Jepang di Indonesia Naik Drastis

May 9, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023