Kanal24 – Menjelang periode libur Natal 2024 dan Tahun Baru 2025, PT Kereta Api Indonesia (KAI) telah membuka pemesanan tiket kereta api jarak jauh sejak 6 November 2024. Sesuai kebijakan KAI, tiket kereta api jarak jauh kini bisa dipesan mulai H-45 sebelum keberangkatan, sehingga masyarakat dapat merencanakan perjalanan dengan lebih matang.
Luqman Arif, Manager Humas KAI Daop 8 Surabaya, menyampaikan bahwa pemesanan tiket libur Nataru (Natal dan Tahun Baru) dapat dilakukan melalui aplikasi Access by KAI, situs resmi KAI, serta seluruh kanal penjualan resmi lainnya. “Sebelum melakukan pemesanan, pastikan kembali tanggal, waktu, dan stasiun tujuan agar tidak salah jadwal, karena banyak masyarakat yang akan melakukan perjalanan dengan transportasi kereta api,” jelas Luqman dalam keterangan tertulisnya, Kamis (6/11/2024).
Pemesanan tiket untuk keberangkatan hingga H+45 dapat dilakukan sebagai berikut:
- 7 November untuk keberangkatan hingga 22 Desember 2024
- 8 November untuk keberangkatan hingga 23 Desember 2024
- 9 November untuk keberangkatan hingga 24 Desember 2024
- dan seterusnya hingga 11 November untuk keberangkatan sampai 26 Desember 2024.
Dengan total 46 kereta api jarak jauh yang beroperasi di wilayah Daop 8 Surabaya, KAI menyediakan kapasitas hingga 26.784 tempat duduk per hari.
Anne Purba, Vice President of Public Relations KAI, menambahkan bahwa pemesanan tiket libur akhir tahun ini dapat dilakukan melalui berbagai saluran resmi, termasuk aplikasi Access by KAI dan situs kai.id. Ia juga mengimbau pelanggan untuk teliti dalam memastikan tanggal keberangkatan, rute perjalanan, dan data diri saat pemesanan.
“Rencanakan perjalanan Anda dengan baik, termasuk memperkirakan waktu perjalanan menuju stasiun agar terhindar dari keterlambatan,” ujar Anne.
Bagi masyarakat yang berencana bepergian selama periode liburan Nataru, KAI menyarankan agar memesan tiket jauh-jauh hari, terutama untuk tanggal keberangkatan favorit. Anne menjelaskan bahwa perjalanan liburan kali ini akan semakin istimewa dengan hadirnya kereta New Generation yang menawarkan kenyamanan dan pengalaman perjalanan yang lebih baik.
KAI juga terus berinovasi dalam meningkatkan kenyamanan penumpang. Salah satu inovasi terbaru adalah penerapan waiting room atau antrean online dalam proses pembelian tiket kereta api jarak jauh melalui aplikasi Access by KAI dan situs booking.kai.id, memberikan kemudahan dan pengalaman pemesanan yang lebih efisien.