Kanal24 – Kereta api adalah moda transportasi favorit karena nyaman, tepat waktu, dan bebas macet. Libur Natal dan Tahun Baru ini, kereta api sepertinya masih menjadi pilihan utama untuk perjalanan jarak dekat maupun jauh. Oleh karenanya, PT Kereta Api Indonesia (Persero) telah mempersiapkan sejumlah langkah strategis guna memastikan pelayanan terbaik selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024/2025. Masa operasional khusus Nataru akan berlangsung selama 18 hari, mulai dari 19 Desember 2024 hingga 5 Januari 2025.
Sebagai bentuk antisipasi terhadap tingginya minat masyarakat selama periode liburan, KAI akan mengoperasikan 56 kereta api tambahan. Rinciannya meliputi 52 kereta api jarak menengah dan jauh kelas komersial, 2 kereta api jarak jauh PSO, serta 2 kereta api lokal komersial. Penambahan ini memberikan total kapasitas tambahan sebanyak 517.176 tempat duduk, yang terdiri dari 491.976 tempat duduk untuk kereta api jarak menengah dan jauh kelas komersial, 10.600 tempat duduk untuk kereta api jarak jauh PSO, serta 14.600 tempat duduk untuk kereta api lokal komersial.
“Kami telah menyiapkan 777 tenaga tambahan untuk kebutuhan operasional, termasuk Penjaga Jalan Lintas (PJL), Petugas Pemeriksa Jalur (PPJ), dan Petugas Dapsus, yang tersebar di area Jawa dan Sumatera,” ujar Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo.
Selain itu, KAI meningkatkan pelayanan pelanggan dengan menambah 170 Customer Service Mobile (CSM) yang akan ditempatkan di 39 stasiun pada Daerah Operasi dan Divisi Regional. Tim CSM ini siap memberikan informasi dan bantuan langsung kepada pelanggan secara cepat dan efisien.
Penambahan tenaga operasional juga dilakukan pada sektor kebersihan. Didiek menjelaskan, “KAI menambah petugas cleaning service di stasiun sebanyak 145 orang, On-Train Cleaning (OTC) 198 orang, dan petugas cuci kereta 147 orang. Penambahan ini menyesuaikan peningkatan frekuensi perjalanan selama periode Nataru, sehingga kebersihan stasiun dan kereta tetap optimal.”
Dari segi fasilitas, KAI memastikan persiapan maksimal mulai dari area stasiun hingga perjalanan kereta. Kebersihan ruang tunggu penumpang, toilet, dan kereta menjadi prioritas demi kenyamanan pelanggan.
Dalam rangka meningkatkan keselamatan, KAI menyiapkan petugas perawatan prasarana yang siaga 24 jam, khususnya di lokasi prioritas seperti perlintasan tak terjaga dengan lalu lintas tinggi dan daerah pemantauan khusus. Kolaborasi dengan aparat keamanan, termasuk Polsuska, TNI/Polri, juga dilakukan untuk menjaga ketertiban selama periode Nataru.
Berdasarkan data per 13 Desember 2024 pukul 07.00 WIB, KAI telah menjual 1.030.313 tiket dari total kapasitas tempat duduk yang disediakan sebanyak 3.572.588. Dari jumlah tersebut, 1.008.384 tiket merupakan kereta api jarak menengah dan jauh (36,39% dari total kapasitas 2.770.864 tiket), sedangkan tiket kereta api lokal terjual sebanyak 21.929 tiket (2,74% dari total kapasitas 801.724 tiket).
Pemesanan tiket kereta api jarak menengah dan jauh telah dibuka sejak H-45 sebelum keberangkatan, sementara tiket kereta api lokal dapat dipesan mulai H-30, dengan beberapa kereta baru tersedia H-7 sebelum keberangkatan.
“Jumlah penjualan tiket masih akan terus berubah dinamis dan bertambah karena penjualan masih berlangsung. KAI berharap masyarakat segera memesan tiket dan merencanakan liburan dengan matang, karena tiket untuk masa Nataru masih cukup banyak tersedia,” tutup Didiek.(din)