KANAL24, Jakarta – Berdasarkan hasil riset survei persepsi milenial terhadap industri jasa keuangan Indonesia yang dilakukan Iconomics Research dan RRI, PT Indo Premier Sekuritas (IndoPremier) menjadi salah satu perusahaan jasa keuangan dengan tingkat Brand Usage yang tinggi dan persepsi Brand Awarenss maupun Brand Image yang baik.
Pada penyelenggaraan Financial Award 2019 bertajuk Millennials Choice di Jakarta, Kamis (5/12) malam, Iconomics menilai bahwa saat ini populasi Indonesia didominasi oleh kelompok usia milenial (generasi Y). “Penduduk tersebut akan menjadi kelompok usia produktif pada tahun 2020 dengan rentang usia 20-40 tahun,” kata Research of Director Iconomics, Alexander Mulya dalam siaran pers di Jakarta, Jumat (6/12/2019).
Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS), pada 2017 jumlah populasi milenial mencapai 88 juta jiwa atau 33,75 persen dari total populasi Indonesia. Saat ini hingga beberapa tahun ke depan, generasi milenial menjadi tulang punggung perekonomian Indonesia, karena jumlahnya yang besar dan berada dalam kelompok usia produktif.
Pada riset yang dilakukan Iconomics dan RRI mengenai persepsi milenial terhadap industri jasa keuangan, IndoPremier masuk ke dalam kategori sekuritas yang menjadi pilihan milenial. Riset ini melibatkan 10.000 responden di sepuluh kota besar pada Oktober 2019.
Riset brand equity ini menggunakan lima atribut dasar dalam penilaiannya, yakni brand usage, brand awareness, brand image, customer service quality dan social economy contribution.
Iconomics dan RRI menemukan hal menarik pada riset tersebut, seperti penetrasi jasa keuangan (dilihat dari brand usage perusahaan jasa keuangan di kalangan milenial) yang relatif kecil, yaitu 13,04 persen. “Hal ini tentu menjadi pekerjaan rumah bagi para pelaku industri jasa keuangan untuk meningkatkan penetrasi di kalangan milenial,” ujar Alexander.
Meski penetrasi relatif rendah, namun menurut Alexander, hasil riset menunjukkan bahwa pengetahuan milenial (dilihat dari brand awareness) atas perusahaan jasa keuangan relatif tinggi, yaitu rata-rata 41,32 persen. “Generasi milenial cenderung memberikan penilaian relatif baik terhadap brand-brand perusahaan jasa keuangan yang terlihat dari persentase brand image, persepsi terhadap customer service quality dan social economy contribution,” ucapnya.
Iconomics menilai, brand awareness yang relatif tinggi dan penilaian relatif baik terhadap brand-brand jasa keuangan merupakan modal untuk memudahkan perusahaan jasa keuangan dalam meningkatkan penetrasi. Artinya, generasi milenial Indonesia sudah memiliki kesadaraan tinggi dan penilaian yang baik terhadap perusahaan jasa keuangan, selanjutnya hanya melakukan action untuk menggunakan produk jasa keuangan.
Pada hasil survei tersebut, Iconomics dan RRI memberikan apresiasi kepada 72 perusahaan jasa keuangan yang terdiri atas delapan perusahaan sekuritas, 13 bank, 13 perusahaan asuransi jiwa, sepuluh perusahaan asuransi umum, 12 perusahaan pembiayaan, empat perusahaan asuransi sosial dan wajib serta 12 perusahaan teknologi finansial (fintech).
Adapun apresiasi yang diberikan kepada perusahan jasa keuangan dalam acara Financial Award 2019 yang dibuka oleh pengusaha nasional, Sandiaga Uno tersebut adalah sebagai berikut:
Sekuritas
1. PT Indo Premier Sekuritas
2. PT Mandiri Sekuritas
3. PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia
4. PT Morgan Stanley Sekuritas Indonesia
5. PT Bank Negara Indonesia Sekuritas
6. PT Valbury Sekuritas Indonesia
7. PT Sinarmas Sekuritas
8. PT Trimegah Sekuritas Indonesia (sdk)