KANAL24, Malang – Kepemimpinan instructional Leadership memiliki manfaat yang efektif dalam dunia pendidikan. Dean of College Education, Tarlac Agricultural University, Dr. Claire Anne Olivares menjelaskan hal tersebut dalam Webinar International Joint Class yang diselenggarakan oleh Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya, Rabu (9/3/2022).
“The concept of instructional leadership emerged and developed in the United States in the early 1980s all because of the education movement called effective schools movement which actually is a Manzano High School based on factors which positively influence learning outcomes.” Kata Dean of College Education, Tarlac Agricultural University, Dr. Claire Anne Olivares.
Dr. Claire menjelaskan bahwa konsep kepemimpinan instruksional bergabung dan berkembang di Amerika Serikat pada awal 1980-an. Ini dikarenakan pendidikan gerakan yang disebut gerakan sekolah efektif yang sebenarnya merupakan faktor berbasis Sekolah Menengah Manzano yang secara positif mempengaruhi hasil belajar.
Beberapa penelitian menemukan bahwa sekolah yang efektif biasanya memiliki kepala sekolah yang menekankan pentingnya kepemimpinan. Selain itu, kepala sekolah sangat penting untuk keberhasilan pembelajaran anak-anak di sekolah dasar perkotaan yang miskin. Ada juga karakteristik yang ditemukan mempengaruhi hasil belajar yang positif. Serta, pikiran yang kuat, keterusterangan, karisma, dan lainnya.
“There was a changing nature of the instructional leadership from the 1980s where it is seen as they wrecked the role of the principal but by the 1990 the attention to instructional leadership seemed to waver, displayed by discussion of school-based management and facilitative leadership.” Jelas Dr. Claire Anne.
Kepemimpinan instruksional dari tahun 1990-an mengalami perubahan sifat dimana hal tersebut terlihat merusak peran kepala sekolah. Tetapi, pada tahun 1990, perhatian terhadap kepemimpinan instruksional tampaknya goyah. Hal ini ditunjukkan oleh diskusi tentang manajemen berbasis sekolah dan kepemimpinan fasilitatif.
Dr. Claire Anne Olivares juga menjelaskan beberapa definisi dari kepemimpinan instruksional. Beberapa di antaranya, dari King, fokus pada seluruh kegiatan yang dilakukan para pimpinan di sekolah untuk mengembangkan belajar dan mengajar. Sementar itu, Menurut Blase & Blase, didefinisikan sebagai campuran dari beberapa misi seperti memeriksa instruksi kelas, mengembangkan staf pendidikan dan kurikulum. Serta, masih ada beberapa definisi dari kepemimpinan instruksional.(nid)