Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

Pelatihan Intensif Digital Marketing Departemen Ilmu Ekonomi FEB UB Perkuat Pemasaran BUMDes Sumberdem

Sidik by Sidik
July 29, 2024
in Regional
0
Pelatihan Intensif Digital Marketing Departemen Ilmu Ekonomi FEB UB Perkuat Pemasaran BUMDes Sumberdem
128
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

KANAL24, Malang – Departemen Ilmu Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UB (FEB UB) menggelar program pengabdian kepada masyarakat bertema “Peningkatan Daya Saing BUMDes di Desa Sumberdem Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang Melalui Pelatihan Pemasaran Digital.” Program pelatihan ini diadakan selama 10 hari, mulai dari 16 Juli hingga 25 Juli 2024, dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemasaran digital pengelola BUM Desa Sumberdem, sehingga mereka dapat memperluas jangkauan pasar produk-produk lokal mereka.

Kegiatan diawali sosialisasi dan pelatihan umum dari para dosen terkait digital marketing ini menyasar kepada masyarakat desa yang meliputi aparatur desa, anggota BUMDes, masyarakat UMKM, hingga masyarakat umum yang berminat, dengan total 24 peserta yang hadir. Antusias dan semangat peserta tinggi dalam mengikuti rangkaian hari pertama yang terlihat dari hasil kuisioner.

Dari kuisioner survei kepuasan, terlihat bahwa materi digital marketing yang disampaikan 38.9% relevan dengan keseharian, dan 33.3% menjawab cukup relevan untuk keseharian mereka. Selain itu, 50% peserta menjawab bahwa pelatihan ini akan membantu mereka mengembangkan keterampilan  digital marketing.

Kepala Desa Sumberdem Purwati menyampaikan motivasi dan harapannya kepada peserta, “Terus dilakukan pelatihan secara intens kedepannya, karena dengan 10 hari kalian di sini harapannya akan ada perubahan nantinya.”ujar Purwati

Pada hari kedua, pelatihan fokus pada teknik pengambilan foto produk dan editing menggunakan Canva, teknik copywriting melalui Chat GPT, dan Instagram Ads. Materi ini diberikan kepada Ibu Purmi (Direktur BUMDes), Ibu Atik (Sekertaris BUMDes), dan Ibu Titin (Bendahara BUMDes), yang merupakan tiga pilar utama dalam keberlangsungan BUMDes. Pendampingan ini bertujuan untuk transfer ilmu yang bermanfaat dan berkelanjutan. Antusiasme peserta terlihat jelas, dari banyaknya pertanyaan yang diajukan untuk menggali informasi lebih dalam.

Hari ketiga pelatihan berfokus pada teknik pengambilan foto dan editing Canva diberikan kepada  Mbak Emil (Staf BUMDes) sebagai peserta utama. Mbak Emil, yang memiliki banyak waktu luang di toko, diharapkan dapat memanfaatkan keterampilan baru ini untuk peningkatan marketing digital. Hasil foto dan editing yang dilakukan peserta sangat baik, dengan peningkatan hasil yang baik juga pada pretest dan posttest. Mbak Emil juga menyatakan, “Keterampilan yang diberikan ini akan dapat membuat saya mengisi waktu luang ketika menjaga toko,” menandakan peningkatan pemahaman dan antusiasme dalam digital marketing.

Memasuki hari keempat Tim DIE FEB UB memberikan teknik copywriting menggunakan Chat GPT sebagai tools AI pembantu. Mbak Emil diajarkan bahwa tulisan caption harus memasukkan sisi emosional agar menarik bagi pembeli, dan penulis harus melihat dari perspektif buyer. Teknik copywriting dari digital marketing 1.0 hingga 4.0 juga diperkenalkan untuk memperkaya tulisan. Mbak Emil menunjukkan semangat dan antusiasme tinggi dalam menuangkan rangkaian kata-kata, dengan peningkatan baik pada hasil pretest dan posttest.

Teknik editing video menggunakan aplikasi CapCut diberikan kepada Mbak Emil pada hari kelima. Walapupun sudah familiar, kali ini Emil diajarkan permainan overlay, transisi, sound, dan fitur lainnya. Hasil pelatihan menunjukkan output video yang sangat bagus dan menarik, dengan ide-ide brilian Mbak Emil yang tertuang dengan baik. Peningkatan pengetahuan juga terlihat dari hasil pretest dan posttest.

Pada hari ketujuh, dua sesi pelatihan dan pendampingan dilakukan. Sesi pertama mengenai Instagram Ads, di mana Mbak Emil didampingi dalam posting produk dan pemilihan jangkauan ads, menghasilkan peningkatan jangkauan dari 31 akun sebelum ads menjadi 3.7k akun setelah ads. Sesi kedua berfokus pada e-commerce Shopee, meliputi input produk, penambahan ekspedisi, metode pembayaran, hingga live Shopee. Kedua sesi ini berjalan dengan baik, dengan hasil yang memuaskan dan peningkatan hasil yang baik juga pada pretest dan posttest.

Hari kedelapan, pelatihan berlanjut dengan TikTok Ads dan Tokopedia. Peserta diajarkan mulai dari input produk, cara promosi ads, hingga TikTok live. Hasil dari pemahaman yang diberikan kepada Mbak Emil diukur melalui pretest dan posttest menunjukkan peningkatan yang membanggakan.

Pelatihan ini tidak hanya meningkatkan kemampuan teknis peserta tetapi juga  berdampak positif terhadap motivasi dan kekonsistenan mereka. Ibu Purmi, Direktur BUMDes, menyatakan, “Semoga kedepannya digital marketing di sini bisa diterapkan dan dapat membuat BUMDes menjadi lebih maju.” Dengan dukungan dan bimbingan dari tim pengabdian, diharapkan BUMDes Sumberdem dapat lebih kompetitif di pasar global. Kegiatan ini dipimpin oleh Putu Mahardika Adi Saputra, S.E., M.Si., M.A., Ph.D, dengan anggota Nurman Setiawan Fadjar, S.E., M.Sc, serta pendamping teknis lapangan  Nayaka Artha Wicesa, S.E., M.Ec.Dev. Tim ini didukung oleh lima mahasiswa Departemen Ilmu Ekonomi: Farrel Wahyu Pratama, Naufal Rafif Hanan, Chindi Oktafiani Putri, Nisrina Nariswari Nastiti, dan Adil Rafi Tajushshabirin Prayoga.

Kegiatan pengabdian oleh Departemen Ilmu Ekonomi FEB UB ini berhasil memberikan pengetahuan dan keterampilan baru kepada pengelola BUMDes Sumberdem. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang pemasaran digital, BUMDes diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar dan meningkatkan daya saing produk lokal di pasar global.

Secara keseluruhan, pelatihan ini menekankan pentingnya keterampilan digital dalam mengatasi tantangan pemasaran dan memperluas pasar. Adanya peningkatan skor pengetahuan peserta dari 67,50 sebelum pelatihan menjadi 80,80 setelah pelatihan menunjukkan keberhasilan kegiatan ini. Dengan harapan besar dari para pengelola BUMDes dan dukungan yang berkelanjutan, Desa Sumberdem siap untuk mengambil langkah besar menuju pemasaran global yang lebih efektif dan efisien.(sdk)

Post Views: 739
Tags: bumdes sumberdemdepartmen ilmu ekonomi feb ubdesa sumberdemfeb ubilmu ekonomi ubpemasaran digitalpengmas feb 2024
Previous Post

Global Village 2024, AIESEC UB Rayakan Keberagaman Budaya

Next Post

MCVUpdate 23 Tahun Kuatkan Jejaring Layanan Kardiovaskular Jawa Timur

Sidik

Sidik

Next Post
MCVUpdate 23 Tahun Kuatkan Jejaring Layanan Kardiovaskular Jawa Timur

MCVUpdate 23 Tahun Kuatkan Jejaring Layanan Kardiovaskular Jawa Timur

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
FH UB Gelar Lomba Meriahkan Dies Natalis ke-68

FH UB Gelar Lomba Meriahkan Dies Natalis ke-68

July 1, 2025
Mengenang Polisi Hoegeng, Jejak Keteladanan dalam Institusi Bhayangkara

Mengenang Polisi Hoegeng, Jejak Keteladanan dalam Institusi Bhayangkara

July 1, 2025
Review Film: How to Train Your Dragon (2025)

Review Film: How to Train Your Dragon (2025)

June 30, 2025
Deregulasi Impor: Permendag 8/2024 Dihapus, Efisiensi Jadi Prioritas

Deregulasi Impor: Permendag 8/2024 Dihapus, Efisiensi Jadi Prioritas

June 30, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023