Kanal24
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
  • Login
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan
No Result
View All Result
Kanal24
No Result
View All Result

Dosen dan Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UB Ajari UMKM Desa Sumbertempur Brand Identity

Sidik by Sidik
September 18, 2024
in Regional
1
Dosen dan Mahasiswa Ilmu Ekonomi FEB UB Ajari UMKM Desa Sumbertempur Brand Identity

Pelatihan Brand Identity di Desa Sumbertempur (ist)

14
VIEWS
Share on FacebookShare on Twitter

KANAL24, Malang – UMKM Desa Sumbertempur memiliki peluang besar untuk berkembang dan meraih kesuksesan. Desa ini memiliki potensi UMKM di berbagai sektor, diantaranya usaha kopi, pupuk, furniture, dan berbagai UMKM yang bergerak di bidang kuliner. Namun, seperti banyak desa di Indonesia, Sumbertempur juga dihadapkan pada beberapa tantangan, salah satunya adalah kurangnya pengetahuan dan kemampuan dalam pemasaran dan membangun brand identity.

Untuk membantu UMKM mengatasi tantangan ini, mahasiswa khususnya kelompok dua yang beranggotakan Denissa Tanuweta, Febriani Puspita Mawarni, Fauzia El Daroynia, Kamilatur Rif’ati, Faridatul Ummah, dan dosen Departemen Ilmu Ekonomi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya menggelar sosialisasi pembuatan brand identity untuk UMKM desa. Kegiatan sosialisasi ini dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2024 di Balai Desa Sumbertempur yang dihadiri oleh sekitar 25 peserta yang terdiri dari pemilik UMKM dan BUMDes. Acara ini dimulai pada pukul 09.30 WIB sampai pukul 12.00 WIB. 

Kegiatan ini dibuka oleh perwakilan dosen Universitas Brawijaya, Prof. Dr. Chandra Fajri Ananda, S.E. M.Sc, yang dalam sambutannya menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pemilik UMKM tentang pembuatan brand identity.

“Brand merupakan kekuatan dari sebuah produk yang dapat menggerakkan penjualan serta meningkatkan value produk. UMKM sejak dini harus mulai memperhatikan brand,” kata Prof. Chandra.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Desa Sumbertempur  Edi Sucipto, yang menekankan bahwa proses produksi UMKM di desa ini sudah sangat mahir karena usaha yang ada sudah berlangsung turun-temurun. Namun, ilmu mengenai brand identity dan pemasaran masih kurang, sehingga kehadiran ilmu tersebut sangat dibutuhkan oleh warga setempat.

“Terus terang UMKM didesa kami belum mengarah ke brand, sehingga kehadiran Bapak Dosen dan mahasiswa kesini sangat berarti bagi kami,” kata Edi.

Sebelum sesi pelatihan terdapat penyerahan mahasiswa secara simbolis dari pihak departemen ilmu ekonomi  yang diwakili oleh Denissa Tanuweta dan Hilmi Alwan Husain kepada pihak desa untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat selama sepuluh hari. 

Terdapat dua sesi penyampaian materi sosialisasi. Sesi pertama dimulai dengan pemaparan materi oleh Faishal Fadli, S.E., M.E., Ph.D. mengenai bimbingan teknis pembuatan brand identity untuk UMKM desa. Dalam paparannya, beliau menjelaskan brand identity sangat dibutuhkan dalam UMKM karena dengan brand identity  merupakan ciri khas yang membedakan sebuah brand dengan yang lain. Beliau juga menerangkan komponen-komponen penting dari brand identity, seperti logo, warna, tipografi, serta memberikan contoh-contoh brand identity yang sukses dan bagaimana hal tersebut dapat diterapkan pada UMKM. Serta, terdapat praktik pembuatan logo menggunakan teknologi kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan gambaran yang jelas kepada para pelaku UMKM. Dengan bantuan teknologi ini, diharapkan mereka dapat memperoleh wawasan yang lebih mendalam tentang bagaimana menciptakan logo yang kuat dan efektif.

Pada ahir acara ditutup dengan dokumentasi dan penyerahan bantuan sembako pada masyarakat secara simbolis. Kegiatan Sosialisasi Bimbingan Teknis Pembuatan Brand Identity dan Strategi Pemasaran Melalui Pengembangan Label Merek Dagang Pada Produk UMKM di Desa Sumbertempur berjalan dengan sukses dan mendapatkan respon positif dari para peserta. Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini, UMKM di Desa Sumbertempur dapat semakin berkembang dan mampu bersaing di pasar yang lebih luas.(sdk)

Post Views: 280
Tags: brand identitydesa sumbertempurpengmas FEB UB 2024tim pengmas feb ub
Previous Post

Creative Book Fair 3, Tingkatkan Literasi Mahasiswa dengan Buku Terjangkau

Next Post

HUT ke-58 KAHMI: Menghidupkan Jubah yang Sama di Tengah VUCA

Sidik

Sidik

Next Post
HUT ke-58 KAHMI: Menghidupkan Jubah yang Sama di Tengah VUCA

HUT ke-58 KAHMI: Menghidupkan Jubah yang Sama di Tengah VUCA

Comments 1

  1. Pingback: Pengmas Literasi Keuangan Syariah Ilmu Ekonomi FEB UB, Perkuat Kawasan Sekitar KEK Singasari - Kanal24

Leave a Reply Cancel reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

  • Trending
  • Comments
  • Latest

ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

August 4, 2023

Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

August 3, 2023

AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

August 4, 2023
UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

June 3, 2024
Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

Permainan Interaktif Menjadi Media KKN FP UB Pupuk Minat Baca Anak Desa Kromengan

39
Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

Dosen UB Kenalkan Teknologi Pembuatan Pakan Ternak dan Pupuk Organik ke Desa Plandirejo

5
Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

Layanan RSUB Kini Terintegrasi dengan Mobile JKN BPJS

4

Review Film : Glass Onion: A Knives Out Story

3
Pesta Demokrasi FEB UB: Abdul Ghofar Memimpin Perolehan Suara

Pesta Demokrasi FEB UB: Abdul Ghofar Memimpin Perolehan Suara

May 14, 2025
IPMAPA Se-Malang Raya Galang Dana untuk Musibah Banjir Wamena

IPMAPA Se-Malang Raya Galang Dana untuk Musibah Banjir Wamena

May 14, 2025
73.992 Pekerja Alami PHK, Ini Akar Masalahnya

73.992 Pekerja Alami PHK, Ini Akar Masalahnya

May 14, 2025
K-DELE Frozen Food, Pelopor Edamame Beku Berkualitas

K-DELE Frozen Food, Pelopor Edamame Beku Berkualitas

May 14, 2025

Popular Stories

  • ISLAM DAN PELESTARIAN LINGKUNGAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Istilah Dalam Karate

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • AYAT-AYAT KREATIFITAS DAN INOVASI PELAYANAN

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • UB dan Perusahaan Happy Asmara Kembangkan Produk Lokal Go Global

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Yuk Kenali Sistem Swiss Manager Dalam Catur

    0 shares
    Share 0 Tweet 0
  • Berita
  • Tentang Kanal24
  • Galeri
  • Layanan
  • Pedoman Media Siber
Copyright Kanal24.com 2023

Welcome Back!

Login to your account below

Forgotten Password?

Retrieve your password

Please enter your username or email address to reset your password.

Log In
No Result
View All Result
  • Berita Terkini
  • Perspektif
  • Pendidikan
  • Hukum
  • Politik
  • Ekonomi
  • Gaya Hidup
  • Hiburan

Copyright Kanal24.com 2023